Strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah di bprs bhakti sumekar kantor cabang jember

Arianti, Reni Yulistian (2022) Strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah di bprs bhakti sumekar kantor cabang jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RENI YULISTIAN ARIANTI_E20161092.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Reni Yulistian Arianti, Hersa Farida Qoriani, S.Kom.,M.E.I. 2022 : “Strategi Pelayanan Customer Service Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember”

Pentingnya pelayanan pada perusahaan perbankan dapat memberikan dampak terhadap tingkat kepuasan nasabah. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember menyiapkan karyawan yang mampu menangani kebutuhan nasabahnya yang biasa disebut dengan customer service. Tugas utama customer service adalah memberikan pelayanan dan membina hubungan baik dengan nasabah. Oleh karena itu, BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember menggunakan strategi yang baik dan tepat untuk menarik minat nasabah.

Fokus masalah dalam penelitian adalah : (1) Bagaimana strategi pelayanan customer service di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember? (2) Bagaimana upaya pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember?

Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi pelayanan customer service di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember. (2) Untuk mengetahui upaya pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember.

Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data menggunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data dengan jenis triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Bentuk strategi pelayanan customer service di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember dalam memberikan pelayanan kepada nasabah yaitu, memberikan pelayanan prima, kompetensi, cepat tanggap, dapat dipercaya, kejujuran, kontribusi, perubahan. (2) Upaya yang dilakukan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember adalah pertama dengan memberikan pelayanan prima, kedua melakukan cross selling, dan ketiga melakukan evaluasi dengan cara role play.

Kata kunci : Strategi Pelayanan; Customer Service.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Depositing User: Reni Yulistian Arianti
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:14
Last Modified: 01 Dec 2022 00:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15418

Actions (login required)

View Item View Item