Analisis Penetapan Denda Pada Tunggakan Pelunasan Gadai Emas Di PT. Pegadaian Syariah KC

Ana, Magfiroh (2022) Analisis Penetapan Denda Pada Tunggakan Pelunasan Gadai Emas Di PT. Pegadaian Syariah KC. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Ana Magfiroh_E20181036_Ps.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ana Magfiroh, Aminatus Zahriyah, S.E, M.Si, 2022: Analisis Penetapan Denda Pada Tunggakan Pelunasan Gadai Emas Di PT. Pegadaian Syariah KC Jember.

Lembaga keuangan merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, salah satu lembaga keuangan yang ada di Indonesia adalah PT. Pegadaian Syariah yang bergerak dibidang jasa penyaluran uang pinjaman atas hukum gadai dengan jaminan benda bergerak. Namun dalam sistem gadai yang dilakukan tidak semua konsumen mampu memenuhi kesepakatan untuk pelunasan dengan baik, sehingga terjadi penunggakan yang mengakibatkan pihak kreditur merapkan denda. Denda merupakan hukuman berupa membayar sejumlah uang apabila lalai dalam membayar kewajibannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana proses penetapan denda yang diberlakukan terhadap debitur yang menunggak pelunasan hutang? 2. Bagaimana pengaruh jumlah pinjaman dan jatuh tempo waktu tunggakan gadai emas? 3. Bagaimana cara pegadaian mengatasi nasabah yang nakal atau menunggak pelunasan gadai?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui penetapan denda yang diberlakukan terhadap debitur yang menunggak pelunasan. 2. Untuk mengetahui pengaruh jumlah pinjaman dan jatuh tempo waktu tunggakan gadai emas. 3. Untuk mengetahui cara pegadaian mengatasi nasabah yang nakal atau menunggak pelunasan gadai.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang mengasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Dapat disimpulkan bahwa denda yang diterapkan terdapat tahap-tahap yang perlu di perhatikan oleh nasabah dari pihak pegadaian dalam menangani nasabah yang menunggak pelunasan gadai. Apabila nasabah telah melewati jatuh tempo pembayaran angsuran maka pihak pegadaian akan denda pada setiap keterlambatan yang melebihi tanggal jatuh tempo dengan ketentuan yang tertera di surat bukti rahn.

Kata Kunci: Penetapan Denda, Gadai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Ana Magfiroh
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:58
Last Modified: 28 Nov 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15419

Actions (login required)

View Item View Item