Manajemen Peserta Didik Dalam Pembentukan Karakter Religius Di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso

Mohammad Irfan efendi, Irfan (2022) Manajemen Peserta Didik Dalam Pembentukan Karakter Religius Di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Mohammad Irfan Efendi T20183102.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Irfan Efendi, 2022 : Manajemen Peserta Didik Dalam Pembentukan Karkter Religius Di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso.
Kata kunci : Manajemen peserta didik, karakter religius
Manajemen peserta didik merupakan suatu penataan segala aktifitas siswa yang berkaitan dengan awal masuk sehingga keluarnya peseta didik.Kegiatan peserta didik merupakan bagian penting dari suatu lembaga pendidikan.Manajemen peserta didik dan karakter religius memiliki hubungan yaitu karakter religius harus ditanamkan sejak dini kepada peserta didik dalam proses pembentukan karakter religius peserta didik tidak akan berlangsung dengan sendirinya, akan tetapi proses tersebut dipengaruhi oleh lingkungan sekolah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Penerimaan peserta didik dalam Pembentukan Karakter religius di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso? 2) Bagaimana Pembinaan Peserta Didik dalam Pembentukan Karakter Religius di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Penerimaan peserta didik dalam Pembentukan Karakter religius di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso? 2) Untuk mendeskripsikan Pembinaan peserta didik dalam pembentukan karakter Religius di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso?
Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sumber data penelitian diantaranya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan Peserta didik
Hasil penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan perencanaan penerimaan peserta didik dalam pembentukan karakter religius di SMP Islam Nurul Khalil yaitu Dalam perencanaan Peserta didik dalam pembentukan karakter religius di SMP Islam Nurul Khalil mencakup tiga hal yaitu: 1) Menetapkan 8 standart Karakter Siswa 2) Membentuk Karakter Religius 3) Menyediakan fasilitas Pendukung, danmembentuk panitia penerimaan peserta didik baru, menyebarkan inormasi penerimaan peserta didik baru dan menyeleksi calon peserta didik. (2) mendeskripsikan pembinaan peserta didik dalam pembentukan karakter religius di SMP Islam Nurul Khalil yaitu dengan membiasakan kegiatan yang sudah ada di SMP seperti mewajibkan siswa untuk mengikuti kegiatan mengaji disetiap pagi, sholat berjamaah dan kepala sekolah memberlakukan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun) agar peserta didik dapat menghargai dan menghormati sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Irfan Efendi
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:20
Last Modified: 01 Dec 2022 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item View Item