ANALISIS SISTEM JUAL BELI PASANAN DALAM MAKSIMALISASI LABA PRODUKSI PADA USAHA TAHU BAROKAH DESA KARANG BENDO KECAMATAN ROGOJAMPI BANYUWANGI

Kamelia, Ikfi (2022) ANALISIS SISTEM JUAL BELI PASANAN DALAM MAKSIMALISASI LABA PRODUKSI PADA USAHA TAHU BAROKAH DESA KARANG BENDO KECAMATAN ROGOJAMPI BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IKFI KAMELIA SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ikfi Kamelia, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si. 2022: Analisis Sistem Jual Beli Pesanan Dalam Maksimalisasi Laba Produksi Pada Usaha Tahu Barokah Desa Karang Bendo Kecamatan Rogojampi Banyuwangi.
Usaha tahu Barokah adalah tempat produksi tahu yang yang proses jual belinya menerapkan sistem jual beli pesanan yang merupakan kegiatan yang sudah lama dilakukan di usaha tahu Barokah, Walaupun dalam usaha tahu Barokah hanya memproduksi sesuai pesanan tetapi usaha tahu ini tidak pernah sepi dari pelanggan. Tingkat permintaan tahu barokah cukup banyak setiap harinya. Tahu yang di produksi kurang kebih rata-rata sekitar 1 kwintal dalam sehari tergantung pesanan. Pabrik tahu Barokah ini hanya memproduksi tahu sesuai pesanan yang dipesan oleh konsumen agar mendapat laba yang maksimal.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana sistem jual beli pesanan pada tahu Barokah desa Karang Bendo Rogojampi Banyuwangi? 2) Bagaimana memaksimalkan laba pada usaha tahu Barokah desa Karang Bendo Rogojampi Banyuwangi?.
Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui sistem jual beli pesanan pada tahu Barokah desa Karang Bendo Rogojampi Banyuwangi, 2) untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan laba pada usaha tahu Barokah desa Karang Bendo Rogojampi Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1) Sistem jual beli pesanan pada usaha tahu Barokah ini cenderung melaksanakan konsep istishna’. Di mana rukun dan syarat dalam jual beli isthisna’ sudah terpenuhi yaitu adanya penjual dan pembeli, objek akad, ijab dan kabul. Pembayaran dalam jual beli pesanan pada usaha tahu Barokah konsumen umumnya melakukan proses pembayaran diakhir setelah proses penyerahan barang. 2) Dalam memaksimalkan laba produksi pada usaha tahu Barokah tidak hanya menerapkan sistem jual beli pesanan tetapi juga melakukan jual beli dengan cara mengecer atau keliling kampung. Ketika harga bahan baku mengalami kenaikan pengusaha akan mengecilkan ukuran tahu tetapi harga tahu tetap. Hal itu dilakukan agar selisihnya ukuran dan jumlah dapat mendatangkan laba yang maksimal dan menekan biaya-biaya yang dikeluarkan seminimal mungkin agar mendapat laba yang maksimal.

Kata Kunci: Sistem Jual beli Pesanan, Laba, Produksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs IKFI KAMELIA
Date Deposited: 29 Nov 2022 07:02
Last Modified: 29 Nov 2022 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

View Item View Item