Pendistribusian Dana Zakat Untuk Beasiswa Pendidikan Perspektif Maqashid Syariah (Studi di Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember)

Miftahussurur, Muhammad (2022) Pendistribusian Dana Zakat Untuk Beasiswa Pendidikan Perspektif Maqashid Syariah (Studi di Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Miftahussurur_S20182107.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Miftahussurur, 2022: Pendistribusian Dana Zakat Untuk Beasiswa Pendididkan Perspektif Maqashid Syariah (Studi di Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember.

Kata kunci: Pendistribusian dana zakat, maqashid syariah, YDSF Jember.

Pengelolaan zakat di Indonesia dilakukan oleh dua lembaga yang telah dibentuk oleh pemerintah dan masyarakat. Dewasa ini, BAZNAS ataupun LAZ mengupayakan agar zakat tidak hanya membantu dalam menyelesaikan kesenjangan sosial, melainkan juga merambah ke dunia pendidikan. Diantara banyaknya organisasi pengelola zakat, Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Cabang Jember merupakan salah satu Lembaga yang turut melakukan pendayagunaan dana zakat ke sektor pendidikan. Namun yang menjadi masalah adalah Al-Qur'an dan hadits tidak menjelaskan tentang pendistribusian
dana zakat dalam bentuk beasiswa pendidikan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pendistribusian dana zakat untuk besiswa pendidikan di Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember?; 2) Bagaimana tinjauan maqashid syariah terhadap pendistribusian dana zakat untuk besiswa pendidikan di Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pendistribusian dana zakat untuk besiswa pendidikan di Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember; 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana tinjauan maqashid syariah terhadap pendistribusian dana zakat untuk beasiswa pendidikan di Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial AlFalah Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Pendistribusian dana zakat pada program Pena Bangsa sudah selaras dengan apa yang tertera di dalam Fatwa MUI tentang Pemberian Zakat Untuk Beasiswa No. Kep.-120/MUI/II/1996; 2) Praktek distribusi dana zakat untuk beasiswa pendidikan oleh YDSF Jember berdasarkan maqashid syariah, mengandung tiga dari lima prinsip, yakni: (1) Hifz ad-din (memelihara agama); (2) Hifz al-aql (memelihara akal); (3) Hifz al-mal (memelihara harta).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Muhammad Miftahussurur
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:59
Last Modified: 29 Nov 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item