ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PROSEDUR PENILAIAN BARANG JAMINAN KREDIT GADAI PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC TANGGUL WETAN JEMBER

Fatimah, Dewi (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PROSEDUR PENILAIAN BARANG JAMINAN KREDIT GADAI PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC TANGGUL WETAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
DEWI FATIMAH_E20181071.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Fatimah, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, M. Si, 2022:“Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Intern atas Prosedur Penilaian Barang Jaminan Kredit Gadai pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember”.

Pengendalian intern atas kredit gadai yang diberikan kepada nasabah Pegadaian (Persero) ditujukan untuk mencegah terjadinya kredit macet atau menjaga kelangsungan kegiatan operasional perusahaan. PT. Pegadaian (Persero) perlu dilihat dari segi sistem pengendalian intern yang memadai untuk menghindari terjadinya resiko barang jaminan yang tertukar atau barang jaminan hilang sebelum jatuh tempo.
Berdasarkan pemaparan di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya: (1) Bagaimana prosedur penilaian barang jaminan kredit gadai pada PT Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember? (2) Bagaimana efektivitas sistem pengendalian intern atas prosedur penilaian barang jaminan kredit gadai pada PT Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai: (1) Prosedur penilaian barang jaminan kredit gadai pada PT Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember dan (2) Efektivitas sistem pengendalian intern atas prosedur penilaian barang jaminan kredit gadai pada PT Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sementara teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data peneliti menggunakan tiga alur analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, selain itu untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Demikian peneliti memperoleh kesimpulan, (1) Prosedur penilaian barang jaminan kredit gadai pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember sudah sesuai dengan menggunakan mekanisme prosedur atas penilaian barang jaminan berdasarkan SOP atau standar operasional prosedur yang sudah diterapkan yang ada dilembaga tersebut. (2) Efektivitas sistem pengendalian intern atas prosedur penilain barang jaminan kredit gadai pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember, untuk efektifnya dalam menerapkan adanya 5 komponen yang harus diperhatikan yaitu meliputi lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, aktivitas pengendalian, sistem informasi, dan juga kegiatan kontrolling. Meskipun adanya rangkap jabatan yang bertentangan dengan yang dikeluarkan oleh COSO di dalam unsur-unsur pengendalian intern, tidak sesuainya dari struktur organisasi dan tata kerja. Alasan rangkap jabatan dikarenakan untuk efesiensi kerja dalam internal disebabkan melonjaknya untuk permintaan pengajuan kredit gadai untuk setiap harinya.

Kata Kunci: pengendalian intern, penilaian barang jaminan, kredit gadai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: S.E Dewi Fatimah Fatimah
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:25
Last Modified: 30 Nov 2022 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15439

Actions (login required)

View Item View Item