MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BAITUL GHUFRON KEC. AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021-2022

ZIADATUL KHOIR, FINA (2022) MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BAITUL GHUFRON KEC. AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FINA ZIADATUL KHOIR T20185073.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fina Ziadatul Khoir, 2022: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Pembiasaan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK
Baitul Ghufron Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021-2022.
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Metode Pembiasaan
Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan dalam memandang makna atau
hakikat kehidupan ini sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk tuhan yang
maha ESA yang berkewajiban menjalankan perintahnya dan menjauhi semua
laranganya. Metode pembiasaan sangat penting dilakukn sejak usia dini sehingga
akan berdampak besar kepada kepribadian anak ketika mereka lebih dewasa.
Sebab pembiasaan yang telah dilakukan sejak kecil akan melekat kuat diingatan
dan menjadi kebiasaan yang tidak dapat dirubah dengan mudah. Dengan demikian
penerapan metode pembiasaan sangat baik dalam mengembangkan kecerdasan
spiritual anak. di TK Baitul Gufron Kec. Ajung Jember ini telah menerapkan
metode pembiasaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5
tahun.
Fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana mengembangkan kecerdasan spiritual
melalui metode pembiasaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Baitul Gufron Kec.
Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021-2022?, 2) Bagaimana penerapan metode
pembiasaan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun
di TK Baitul Gufron Kec. Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021-2022?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Pengembangan
Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Pembiasaan
Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Baitul Gufron Kec. Ajung Jember Tahun
Pelajaran 2021-2022. 2) Untuk mengetahui pengembangan nilai agama dan moral
melalui penerapan metode pembiasaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Baitul
Gufron Kec. Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021-2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
penelitian kualitatif, Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini
dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai tekhnik
pengumpulan data. Analisis data menggunakan tekhnik Kondensasi data,
Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dengan
menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan 1).
Mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini melalui penerapan metode
pembiasaan adalah dengan keteladanan, karena pada dasarnya anak adalah peniru,
dengan memberikan contoh teladan yang baik untuk keseharian siswa siswi. 2)
Penerapan metode pembiasaan untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan
spiritual adalah dengan pembiasaan yang terus-menerus dilakukan dalam aspek
spiritual. Dilaksanakan setiap hari dari awal peserta didik baru sampai di sekolah
sampai jam pulang sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fina Fina Ziadatul Khoir T20185073
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:16
Last Modified: 30 Nov 2022 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item