PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT (SALINGTEMAS) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X IPA DI MAN 2 JEMBER

Hikmah, Faikotul (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT (SALINGTEMAS) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X IPA DI MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIKOTUL HIKMAH WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Faikotul Hikmah, 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat (Salingtemas) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Siswa Kelas X IPA Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Salingtemas, Perubahan Lingkungan
Integrasi sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat ke dalam pembelajaran biologi menjadi keharusan di era kini guna mengoptimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Ketersedian bahan ajar yang mengintegrasikan aktivitas salingtemas ke dalamnya mampu meningkatkan keaktifan dan kemandirian belajar siswa yang akhirnya berpengaruh terhadap kualitas serta keberhasilan tercapainya pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru biologi MAN 2 Jember, ditemukan bahwa tidak semua siswa mencapai nilai KKM pada materi perubahan lingkungan. Hasil observasi juga menemukan bahwa guru dalam pembelajarannya belum mengintegrasikan salingtemas. Pembelajaran perubahan lingkungan yang belum terintegrasi salingtemas berpotensi membuat capaian belajar peserta didik tidak optimal. Dengan demikian maka dibutuhkan pengembangan sumber belajar perubahan lingkungan yang di dalamnya mampu mengintegrasikan komponen salingtemas.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) mendeskripsikan tingkat kevalidan LKPD berorientasi salingtemas pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X IPA di MAN 2 Jember 2) mendeskripsikan kepraktisan LKPD berorientasi salingtemas pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X IPA di MAN 2 Jember, 3) mendeskripsikan keefektifan LKPD berorientasi salingtemas pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X IPA di MAN 2 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 MAN 2 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 86,33% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 84,99% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 91,11%, validasi ahli evaluasi memperoleh persentase sebesar 95,83% dan validasi guru memperoleh persentase sebesar 86,33% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji respon siswa diperoleh skor persentase 90,37% dengan kategori sangat praktis dan menarik untuk uji coba kelompok kecil, dan 88,85% dengan kategori sangat praktis dan menarik untuk uji coba kelompok besar. Hasil uji keefektifan berdasarkan nilai pretest dan postest menggunakan Uji T-Test di peroleh nilai sig (0,00) < 0,05 dan untuk Uji N-Gain diperoleh skor = 0,71 dengan kriteria efektif.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi salingtemas pada materi perubahan lingkungan dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050101 Ecological Impacts of Climate Change
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: FAIKOTUL HIKMAH
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:10
Last Modified: 01 Dec 2022 00:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item View Item