EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MTS AL-HIDAYAH SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG

Prawesti Anggelina, Syafira (2022) EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MTS AL-HIDAYAH SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYAFIRA PRAWESTI ANGGELINA_E20183024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Syafira Prawesti Anggelina, Ana Pratiwi, 2022 : Evaluasi Pengendalian Internal Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada MTs Al-Hidayah Sukodono Kabupaten Lumajang.

Dana BOS adalah program Pemerintah Pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia untuk satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. MTs Al-Hidayah merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan program dana BOS cukup baik. Pengelolaan yang baik sangat diperlukan untuk mendukung seluruh aktifitas suatu lembaga. Pengendalian internal diharapkan mampu memberikan pengaruh yang posistif terhadap adanya suatu kegiatan yang telah dilakukan selama ini agar sesuai dengan rencana yang dilakukan selama ini. Pengendalian internal merupakan sesuatu yang memiliki bagian-bagian yang saling berkaitan dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang diharapkan memisahkan antara fungsi dan pencatatan dan pengurusan kas yang jelas, serta bertujuan untuk menghindari kecurangan-kecurangan atau penyelewangan-penyelewangan yang kemungkinan terjadi dalam suatu lembaga.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana prosedur pengeluran kas pada MTs Al-Hidayah Sukodono Kabupaten Lumajang. 2) Bagaimana pengendalian internal pengeluaran kas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada MTs Al-Hidayah Sukodono Kabupaten Lumajang?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui prosedur pengeluaran kas dana Bantuan Operasional Sekolah pada MTs Al-Hidayah Sukodono Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mengetahui dan mengevaluasi pengendalian internal pengeluaran kas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada MTs Al-Hidayah Sukodono Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsaan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Prosedur pengeluaran kas dana BOS pada MTs Al-Hidayah sesuai dengan peruntukan dana BOS, dan Juknis BOS Permendikbud nomor 8 tahun 2020 hal ini bisa dilihat dari kegiatan pengeluaran yang melakukan persetujuan kepada kepala sekolah dan bendahara serta laporan buku kas pengeluaran yang dicatat setiap melakukan transaksi. 2) Pengendalian internal pengeluaran kas yang diterapkan pada MTs Al-Hidayah sebagian besar belum sesuai dengan unsur pengendalian pengeluaran organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pendapatan serta praktik yang sehat. Dimana tidak dipisahnya fungsi akuntansi (pencatatan) dengan fungsi penyimpanan kas (bendahara). Adanya rangkap jabatan guru dan bendahara sekolah. Kurangnya pratisipasi komite audit dalam melakukan pengawasan pengeluaran kas.

Kata kunci : Pengendalian internal, Pengeluaran kas, Dana BOS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengendalian internal, Pengeluaran kas, Dana BOS.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Syafira Syafira Prawesti Anggelina
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:39
Last Modified: 01 Dec 2022 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item