PENCIPTAAN MANUSIA DALAM AL-QURAN SURAT AL-HAJ AYAT 5 (Studi Analisis Penafsiran Ţanţawi Jauhari dalam Tafsīr Al-Jawāhir Fī Tafsīr Al-Qur’ān Al-Karīm)

Toyyibin, Dwi Fajrul (2022) PENCIPTAAN MANUSIA DALAM AL-QURAN SURAT AL-HAJ AYAT 5 (Studi Analisis Penafsiran Ţanţawi Jauhari dalam Tafsīr Al-Jawāhir Fī Tafsīr Al-Qur’ān Al-Karīm). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI FAJRUL TOYYIBIN_U20181062.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRACT
Dwi Fajrul Toyyibin, 2022: Penciptaan manusia dalam Qs. Al Hajj ayat 5 ( studi analisis terhadap penafsiran Tantowi Jauhari). Kata kunci : Tantowi Jauhari, Penciptaan Manusia,Qs. Al Hajj ayat 5.
Terkait mengenai penciptaan manusia al-Qur’an sudah menjelaskan secara rinci bagaimana awal dari proses terjadinya manusia. Salah seorang mufaasir kontemporer yakni Tantowi Jauhari mencoba menjelaskan isi kandungan surat al-Haj ayat 5 melalui usaha penafisran yang beliau lakukan dengan menggunakan metodetahlili.. Penelitian ini terinspirasi dari fenomena atau peristiwa terciptannya manusia dan bagaiman prosesnya sehingga dari pertemuan sel sperma dan ovum dapat menjadi manusia dengan organ-organnya.
Fokus masalah yang dikaji dalam skripsi ini yakni : 1) Bagaimana penafsiran Syaikh Tantowi Jauhari dalam KitabStudi Analisis Penafsiran Ţanţawi Jauhari dalam Tafsīr Al-Jawāhir Fī Tafsīr Al-Qur’ān Al-Karīmpada surat Al Hajj ayat 5?. 2)Apa saja faktor yang mempengaruhi penafsiran Tantowi Jauhari?.3) Bagaimana implikasi penafsiran Tantowi Juhari tentang ayat penciptaan manusia ( al-Haj : 5) dalam pendidikan Islam?
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaiman penafsiran Tantowi Jauhari dalam kitab Tafsīr Al-Jawāhir Fī Tafsīr Al-Qur’ān Al-Karīm mengenai proses penciptaan manusia
Pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini adalah library research yang berfokus pada literatur yang menganilis dari literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis data yang berupa deskriptif analsisis, yaitu yang memaprakan data-data Al Quran, dan Ilmiah yang bersangkutan dengan penelitian ini kemudian di bahas secara rinci.​
Hasil dari penelitian ini adalah penafsiran Tantowi Jauhari pada Qs. Al Hajj ayat 5 bahwasanya ayat tersbut adalah jawaban sekaligus senggahan terhadap orang-orang masih memiliki keraguan terhadap hari kebangkitan. Hal yang mempengaruhi pemikiran beliau ada 2 yakni sudut pandang makro dan mikro yang mana sudut pandang makro yakni kondisi sosial politiknya pada saat itu, yang ke dua sudut pandang mikro, yakni dari aspek-aspek keilmuan dan keingintahuan beliau terhadap ilmu-ilmun pengetahuan. Sedangkan implikasi penafsiran Tantowi Jauhari dalam konsep pendidikan islam, yakni peristiwa tersebut dapat di jadikan acuan dalam merumuskan pendidikan islam yang di arahkan kepada keimanan dan pengabdian kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069901 Forensic Biology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Dwi Fajrul Toyyibin
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:42
Last Modified: 01 Dec 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item View Item