Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbantuan Laboratorium Virtual PhET Pada Sub Materi Asam Basa Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Kholila, Norma (2022) Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbantuan Laboratorium Virtual PhET Pada Sub Materi Asam Basa Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NORMA KHOLILA_T201810058.pdf

Download (8MB)

Abstract

Norma Kholila, 2022: Pengembangan Panduan Praktikum IPA berbantuan
Labpratorium Virtual PhET pada Sub Materi Asam Basa untuk Siswa Kelas VII
SMP/MTs.
Kata Kunci: Asam Basa, Laboratorium Virtual PhET, Panduan Praktikum IPA.

Materi IPA di SMP/MTs dianggap sulit oleh peserta didik salah satunya
yaitu sub materi Asam Basa pada bab Klasifikasi Materi dan Perubahannya,
berdasarkan hasil analisis permasalahan yang ada ditemukan bahwa peserta didik
kesulitan membedakan larutan Asam atau Basa sehingga perlu diadakan
pembelajaran berbasis praktikum. Sedangkan untuk melaksanakan praktikum
terdapat kendala di laboratorium SMPN 2 Rambipuji yakni alat dan bahan
praktikum yang lama tidak terpakai akibat pandemi Covid-19 sehingga tidak
berfungsi dengan baik, selain itu juga belum tersedianya petunjuk praktikum
untuk peserta didik dalam melaksanakan kegiatan praktikum.
Rumusan masalah penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Bagaimana
validitas panduan praktikum IPA berbantuan laboratorium virtual PhET pada sub
materi Asam Basa, (2) Bagaimana respons peserta didik pada panduan praktikum
IPA berbantuan laboratorium virtual PhET pada sub materi Asam Basa. Tujuan
dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas
panduan praktikum IPA berbantuan laboratorium virtual PhET pada sub materi
Asam Basa, (2) Untuk mengetahui respons peserta didik pada panduan praktikum
IPA berbantuan laboratorium virtual PhET pada sub materi Asam Basa yang telah
dikembangkan peneiti.
Peneitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (research and development). Model pengembangan yang
digunakan adalah ADDIE, Yang terdiri 5 tahapan yaitu analisis (analysis),
perancangan (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation) dan Evaluasi (evaluation). Akan tetapi dalam penelitian ini
hanya terbatas pada tahapan implementasi (implementation), disebabkan adanya
keterbatasan waktu. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan berupa data
kuaitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa panduan praktikum IPA
berbantuan laboratorium virtual PhET dengan hasil presentase validasi produk
yang dilakukan oleh validator ahi materi, ahli media dan praktisi. Hasil validasi
dari ahli materi 97,5%, hasil validasi ahli media 94% dan hasil validasi praktisi
95,4% dengan kategori sangat valid dari setiap penilaian validator. Hasil uji
respons siswa skala kecil dengan jumlah 6 siswa adalah 89,3% dan skala besar
dengan jumlah 30 siswa adalah 91,5%, sehingga panduan praktikum IPA
bebrbantuan laboratorium virtual PhET termasuk kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Norma Kholila
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:49
Last Modified: 01 Dec 2022 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15484

Actions (login required)

View Item View Item