Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Meningkatkan Analytical Skills Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Akbar Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Rahma Nurjanah, Ninda Febriantika (2022) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Meningkatkan Analytical Skills Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Akbar Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NINDA FEBRIANTIKA RAHMA NURJANAH_T20181070.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran yaitu mengenai peserta didik yang cenderung kurang memahami pembelajaran dan hanya terpaku oleh penjelasan yang disampaikan oleh pendidik, sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, juga kurang adanya usaha dari peserta didik untuk memperluas pengetahuannya dengan mencari pemahaman dari sumber belajar lain. Akibatnya pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton dan hanya pendidik yang berperan aktif,
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan analytical skills siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Akbar sumbersari kabupaten jember tahun ajaran 2022/2023? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan analytical skills siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Akbar tahun ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana hasil dari penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan analytical skills siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Akbar tahun ajaran 2022/2023?
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana. Selanjutnya, untuk membuktikan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: (1) Penerapan pendekatan konstruktivisme diawali dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar, serta administrasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pendekatan konstruktivisme dilakukan dalam empat tahap yaitu memancing keingintahuan, melakukan penyelidikan, memaparkan konsep, serta mengondisikan kelas. Untuk penilaian meliputi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. (2) Faktor pendukung penerapan pendekatan konstruktivisme yaitu perkembangan kehidupan sosial masyarakat, peran kepala sekolah, sarana dan prasarana, serta lokasi sekolah. Sedangkan faktor penghambat penerapan pendekatan konstruktivisme yaitu latar belakang pendidikan peserta didik, dan manajemen waktu. (3) Pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam hal kemampuan menganalisis.
Kata kunci: pendekatan konstruktivisme, analytical skills, fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ninda Febriantika
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:56
Last Modified: 01 Dec 2022 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item View Item