Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka Bergambar di Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020

Muhlisoh, Dzurriyatul (2020) Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka Bergambar di Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Dzurriyatul Muhlisoh_T20165079.pdf

Download (11MB)

Abstract

Raudlatul Athfal Al Barokah ini belajar angka menggunakan media kartu angka bergambar dan tidak setiap Raudlatul Athfal menggunakan media kartu angka bergambar karena mengenal lambang bilangan sangat penting digunakan guna memperoleh kesiapan dalam mengikuti pembelajaran khususnya dalam penguasaan konsep matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan menggunakan media kartu angka bergambar di kelompok A Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana mengetahui kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka bergambar di kelompok A Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah:1) Mendeskripsikan proses pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan menggunakan media kartu angka bergambar di kelompok A Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka bergambar di kelompok A Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Hubermen, dengan langkah-langkah yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) proses pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan menggunakan media kartu angka bergambar di kelompok A Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020 dengan cara guru awal menyiapkan atau membuat RPPH terlebih dahulu dan menyiapkan peralatan pembelajaran yang akan dilaksanakan seperti, media, pensil, penghapus, buku kotak, baru disitu gutu menunjukkan media kepada anak sesuai dengan tema. 2) mengetahui kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka bergambar di kelompok A Raudlatul Athfal Al Barokah Sruni Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020?.guru mengetahui anak faham tidaknya pembelajaran mengenalkan lambang bilangan yaitu guru menyuruh anak bergantian maju kedepan untuk menghitung gambar atau media kartu angka bergambar yang guru hanya menunjukkan gambar saja lalu anak menghitung dan menulis hasil hitungan di papan tulis disitu guru tahu anak yang bisa dan anak yang belum bisa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:51
Last Modified: 04 Mar 2021 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item