Pembelajaran Permainan Tradisional Perepet Jengkol Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022

Meidy, Inayah Maharani (2022) Pembelajaran Permainan Tradisional Perepet Jengkol Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
INAYAH MAHARANI MEIDY_T20185006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Inayah Maharani Meidy, 2022: Pembelajaran Permainan Tradisional Perepet Jengkol Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi.
Kata Kunci : Permainan Tradisional Perepet Jengkol, Motorik Kasar

Motorik kasar merupakan kemampuan dalam menggunakan otot-otot besar, seperti mendorong, berlari, melompat, meloncat, dan bisa juga dengan bermain permainan tradisional seperti perepet jengkol.
Fokus masalah yang diteliti ialah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini ialah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yatu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini 1) Perencanaan pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi yaitu menyusun perangkat pembelajaran seperti Prota, Prosem, Proming, dan RPPH, 2) Pelaksanaan pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi yaitu terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, 3) Evaluasi pembelajaran permainan tradisional perepet jengkol dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada Kelompok Bermain Baitul Falah Kalibaru Banyuwangi yaitu menggunakan teknik observasi dan penilaian cekslis capaian perkembangan anak, dengan evaluasi hasil menunjukkan bahwa anak mampu mencapai perkembangan motorik kasarnya yang dapat ditunjukkan dengan hasil belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Inayah Maharani Meidy
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:17
Last Modified: 02 Dec 2022 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item View Item