Pendistribusian Dana Zakat Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) Untuk Pemberdayaan Masyarakat Pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember

Lestari, Mita (2022) Pendistribusian Dana Zakat Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) Untuk Pemberdayaan Masyarakat Pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MITA DWI LESTARI_E20184039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mita Dwi Lestari, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I, M.E.I. 2022: Pendistribusian Dana Zakat Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember.

Pendistribusian zakat adalah kegiatan untuk memudahkan dan melancarkan penyaluran dana zakat dari muzakki kepada mustahiq. Pada LAZ Yatim Mandiri terdapat dana zakat produktif. Pendistribusian dana zakat produktif pada LAZNAS Yatim Mandiri salah satunya disalurkan melalui program BISA (Bunda Mandiri Sejahtera)
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana pola pemberdayaan masyarakat melalui program BISA oleh LAZ Yatim Mandiri ?, 2. Bagaimana pendistribusian dana Zakat melalui program BISA untuk pemberdayaan masyarakat pada LAZ Yatim Mandiri?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui pola pemberdayaan masyarakat melalui program BISA oleh LAZ Yatim Mandiri. 2. Untuk mengetahui pendistribusian dana zakat melalui program BISA untuk pemberdayaan masyarakat pada LAZ Yatim Mandiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini yaitu: 1. Pemberdayaan yang dilakukan oleh LAZNAS Yatim Mandiri salah satunya disalurkan kepada penerima manfaat terkhusus janda dhuafa yaitu melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) yang bertujuan untuk mensejahterakan keluarga yatim. Program ini berupa pembinaan keislaman, pengasuhan dan pemberdayaan ekonomi. 2. Terdapat dua bentuk pendistribusian dana zakat pada program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) yaitu pendistribusian dana zakat produktif dan pendistribusian dana zakat konsumtif.

Kata kunci: Pendistribusian Dana Zakat, Pemberdayaan Ekonomi, Program BISA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ms mita dwi lestari
Date Deposited: 02 Dec 2022 06:09
Last Modified: 02 Dec 2022 06:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item View Item