Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Probolinggo Pada Materi Jajargenjang dan Trapesium Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumford

Aulia, Lutfi Wardani (2022) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Probolinggo Pada Materi Jajargenjang dan Trapesium Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumford. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AULIA LUTFI WARDANI_T20187108.pdf

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep
matematika yang dimiliki oleh siswa sebagian besar siswa VII-B dalam
memahami suatu konsep pada materi jajargenjang dan trapesium di SMP Negeri 3
Kota Probolinggo. Dari 3 indikator pemahaman konsep matematika yaitu
penerjemahan, penafsiran dan ekstrapolasi yang nantinya ditinjau dari berbagai
jenis gaya belajar model Honey-Muford.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep
matematika pada materi jajargenjang dan trapesium siswa kelas VII ditinjau dari
gaya belajar aktivis, terois, reflektor dan prgamatis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitataif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VII-B di SMPN 3
Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket gaya belajar, tes pemahaman konsep matematika, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Dari penyebaran angket gaya belajar di dapat 4 subjek
diantaranya 1 subjek gaya belajar aktivis, 1 gaya belajar reflektor, 1 gaya belajar
teoris dan 1 gaya belajar pragmatis. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data dan varifikasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa gaya belajar aktivis sudah
mampu memenuhi semua ketiga indikator pemahaman konsep matematika yaitu
penerjemahan, penafsiran dan ekstrapolasi dari nomor 1 hingga 5. 2) siswa gaya
belajar reflektor pada indikator pertama yaitu penerjemahan dari nomor 1 sampai
5 tidak ada yang memenuhi, pada indikator kedua yaitu penafsiran yang
memenuhi hanya pada nomor 1 sampai 4, pada indikator ketiga yaitu ekstrapolasi
dari nomor 1 sampai 3. 3) siswa gaya belajar teoris yang mampu memenuhi
semua indikator pemahaman konsep matematika yaitu penerjemahan, penafsiran
dan ekstrapolasi nomor 1 sampai 4, pada nomor 4 hanya memenuhi indikator
yang pertama yaitu penerjemahan dan indikator kedua yaitu penafsiran dan nomor
5 hanya memenuhi indikator yang kedua yaitu penafsiran dan indikator yang
ketiga yaitu ekstrapolasi. 4) siswa gaya belajar pragmatis pada nomor 1,2,4 dan 5
sudah memenuhi ketiga indikator yaitu penerjemahan, penafsiran dan
ekstrapolaso, pada nomor 3 siswa hanya memenuhi indikator yang kedua yaitu
penefsiran dan indikator ketiga yaitu ekstrapolasi.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aulia Lutfi Wardani
Date Deposited: 02 Dec 2022 06:53
Last Modified: 02 Dec 2022 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item View Item