Penerapan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswi Kelas X Di SMA Al-Irsyad Surabaya

choirumininsani, woroanggita (2022) Penerapan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswi Kelas X Di SMA Al-Irsyad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WORO ANGGITA CHOIRUMIN INSANI_D20183059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Woro Anggita Choirumin Insani, 2022: Penerapan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswi Kelas X Di SMA Al-Irsyad Surabaya
Kata Kunci: Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)
Kepercayaan Diri

Remaja hendaknya memiliki kepercayaan diri yang positif untuk mendapatkan penyesuaian diri dengan lingkungan sosial. Dengan kepercayaan diri positif, remaja akan lebih mudah untuk bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan mudah. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti masih terdapat beberapa siswi SMA Al-Irsyad Surabaya yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Sehingga berbagai upaya guru BK dalam membentuk kepercayaan diri siswi menekankan penerapan konseling rational emotive behavior therapy menggunakan teknik self talk.
Fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana penerapan konseling rational emotive behavior therapy dalam membentuk kepercayaan diri siswi kelas X di SMA Al-Irsyad Surabaya? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan konseling rational emotive behavior therapy dalam membentuk kepercayaan diri siswi kelas X di SMA Al-Irsyad Surabaya? Tujuan penelitian, 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan konseling rational emotive behavior therapy dalam membentuk kepercayaan diri siswi kelas X di SMA Al-Irsyad Surabaya. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung apa saja dalam penerapan konseling rational emotive behavior therapy dalam membentuk kepercayaan diri siswi kelas X di SMA Al-Irsyad Surabaya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi menggunakan analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Tahapan penelitian meliputi tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, tahap analisis data.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu antara lain 1) penerapan konseling rational emotive behavior therapy dalam membentuk kepercayaan diri siswi kelas X di SMA Al-Irsyad Surabaya dilakukan dengan tiga tahapan. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan konseling rational emotive behavior therapy dalam membentuk kepercayaan diri siswi kelas X di SMA Al-Irsyad Surabaya yakni dalam upaya mengatasi faktor penghambat dan pendukung tersebut yang harus dilakukan guru BK dengan selalu memberikan afirmasi-afirmasi positif kepada anak dengan menggunakan teknik self talk. Dengan pemberian afirmasi positif pada anak maka layanan bimbingan akan berjalan semaksimal mungkin, karena terdapat keberhasilan dalam merubah pemikiran anak dari irasional menjadi rasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Woro Anggita Choirumin insani
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:15
Last Modified: 05 Dec 2022 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item View Item