IMPLEMENTASI PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN MENGADILI ATAS PERKARA KORBAN PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus Pengadilan Negeri Jember)

Kamelia, Ita (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN MENGADILI ATAS PERKARA KORBAN PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus Pengadilan Negeri Jember). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
ITA KAMELIA_S20184077 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Perma No.3 Tahun 2017 tentang pedoman mengadili perempuan
berhadapan dengan hukum yang dibuat oleh Mahkamah Agung mengatur tentang tata cara mengadili seorang perempuan yang terlibat dalam masalah hukum baik perdata maupun pidana. Perma No.3/2017 juga dapat menjadi acuan hakim dalam memutus dan mempertimbangkan suatu perkara dalam Pengadilan Negeri Jember yang sering menangani perempuan berhadapan dengan hukum entah sebagai korban, saksi, atau pelaku. Khususnya tindak pidana pelecehan seksual yang korbannya perempuan yang dampaknya sangat banyak dan membutuhkan
keadilan dan kepastian hukum.
Penelitian ini membahas terkait bagaimana prosespemeriksaan perempuan berhadapan dengan hukum dan bagaimana implementasi Perma No.3 Tahun 2017 di Pengadilan Negeri Jember.
Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui dan mempelajari secara langsung terkait implementasi Perma No.3 Tahun 2017 dan peneliti ingin mengetahui secara langsung bagaimana proses pemeriksaan perempuan berhadapan dengan hukum di Pengadilan Negeri Jember.
Penelitian yang digunakan adalah peneliatian kualitatis dengan jenis studi kasus. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan cara induktif, yakni peneliti turun lansung kelapangan, menganalisis, menarik kesimpulan serta menafsirkan fakta dan fenomena yang ditemukan dilapangan.penelitian lapangan yang mengharuskan peneliti terjun langsung ke lapangan.
Dalam kesimpulannya adalah dalam proses pemeriksaan perkara perempuan berhadapan dengan hukum di Pengadilan Negeri Jember sudah menerapkan Perma No.3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perempuan Berhadapan Dengan Hukum, karena setiap langkah-langkah pemeriksaan perkara selalu
menunjukan sikap adil tanpa ada perkataan yang merendahkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: ms ita kamelia
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:31
Last Modified: 05 Dec 2022 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item