SANKSI PIDANA DOKTER YANG LALAI DALAM MENANGANI PASIEN SEHINGGA MENYEBABKAN KEMATIAN (STUDY KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KOTA MADIUN NO.79 PID.SUS/2011/PN.KD.MN) PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM

Panduwynata, Lisa (2022) SANKSI PIDANA DOKTER YANG LALAI DALAM MENANGANI PASIEN SEHINGGA MENYEBABKAN KEMATIAN (STUDY KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KOTA MADIUN NO.79 PID.SUS/2011/PN.KD.MN) PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate thesis, Uin Khas Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-LISA PANDUWYNATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan hukum yang pasti yang ada dalam perkara malpraktik sehingga pemerintah memberikan hukum yang khusus terkait kesehatan (Lex Spesialis), sehingga menurut penulis di dalam putusan yang penulis pilih ini terdapat penerapan hukum yang tidak tepat, yang mana terdapat dr.Bambang Suprapto (Terdakwa) yang melakukan praktik karena kelalainya mengakibatkan kebocoran sepanjang 2 cm dan infeksi hingga adanya nanah sebanyak satu ½ liter dan tertinggalnya benang berwarna hitam namun majelis hakim memutus lepas terdakwa.
Fokus penelitian ini diantaranya : 1) Bagaimana dasar hukum pertimbangan hakim Pengadilan negeri kota madiun tentang penjatuhan putusan Malpraktik kedokteran? 2) Bagaimana perspektif hukum pidana islam terhadap dasar pertimbangan hakim pengadilan Negeri Kota Madiun tentang penjatuhan putusan malpraktik kedokteran?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana dasar hukum pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Kota Madiun tentang penjatuhan putusan malpraktik kedokteran? 2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif hukum pidana islam terhadap dasar pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Kota Madiun tentang penjatuhan putusan malpraktik kedokteran?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yakni dengan jenis penelitian menganalisis informasi (Yuridis Normatif ) dengan cara membedah atau menguraikan sutau putusan pertimbangan hakim. Adapun teknik yang digunakan adalah : 1) Editing 2) Organizing 3) Analizing. Tehnik analisis data pada penelitian ini : pola pikir deduktif yaitu mengerucutkan suatu hal dari pertimbangan hakim yang telah dipilih sehingga mendapatkan kesimpulan atau titik temu yang diinginkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Pada analisis putusan Pengadilan Negeri Kota Madiun No.79/pid.sus/2011/pn.kd.mn tidak sesuai, semestinya tidak melepaskan terdakwa dari segala tuntutan, Pengadilan Negeri tidak menerapkan peraturan hukum atau menerapkan peraturan hukum tidak sebagaimana mestinya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP, maka Putusan tersebut yang telah ditetapkan itu merupakan sebuah kekeliruan. 2)Sanksi menurut hukum pidana islam bagi dokter yang lalai dalam menangani pasien sehingga menyebabkan seseorang kehilangan jiwanya yang diartikan dengan pembunuhan karena kesalahan (al-khata’). Adapun orang yang dikategorikan dalam al-khata’ membayar diyat yakni orang yang membunuh karena kesalahan atau tidak sengaja dengan membayar 100 ekor unta yang dapat diangsur atau dicicil selama 3 tahun, dan besarannya adalah sepertiga dari hukuman diyat yang telah ditentukan, serta membebankan kepada terdakwa untuk membayar kaffarat, dengan memerdekakan budak atau (jika tidak mampu) puasa dua bulan berturut-turut.

Kata Kunci : Malpraktik. Putusan Hakim, Tindak pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Lisa Panduwynata
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:37
Last Modified: 05 Dec 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15564

Actions (login required)

View Item View Item