Pemenuhan Hak Narapidana Anak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banyuwangi)

Nurma Utami, Nida (2022) Pemenuhan Hak Narapidana Anak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nida Nurma Utami_S20184083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di antara hak seorang narapidana anak yang ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan yakni menjalankan ibadah sesuai dengan agama atau kepercayaannya, mendapatkan perawatan baik jasmani maupun rohani, mendapatkan pendidikan, pengajaran, dan kegiatan rekreasional, serta kesempatan mengembangkan potensi dengan memperhatikan kebutuhan tumbuh kembangnya, dan masih banyak hak-hak lainnya yang tertulis di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. Lantas bagaimana jika salah satu hak tersebut tidak diterima oleh narapidana anak. Upaya apa yang akan diusahakan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Apakah hak yang diterima oleh narapidana anak di Lapas Kelas II A Banyuwangi telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022?. 2) Bagaimana pemenuhan hak narapidana anak dalam perspektif hukum pidana Islam?
Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan hak narapidana anak berdasarkan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, apakah hak yang diperoleh oleh narapidana anak telah sesuai dengan yang ada di dalam Undang-Undang ataukah belum, serta pemenuhan hak narapidana anak dalam perspektif hukum pidana islam.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris, dengan cara merumuskan, menggali menganalisis data, membahas, dan menyimpulkan suatu masalah dalam penelitian. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Hak narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banyuwangi sudah sesuai dengan yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan, kecuali dalam mendapatkan Pendidikan dan pengajaran. 2) Hak narapidana anak dalam perspektif hukum pidana islam di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banyuwangi telah sesuai dengan yang dijelaskan dalam sumber hukum islam, kecuali dalam hal mendapatakan pakaian yang bagus dan menutup aurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ms Nida Nurma Utami
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:02
Last Modified: 05 Dec 2022 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item