Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Saraf Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022

Aini, Risma (2022) Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Saraf Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RISMA AINI NIM T20188029 Watermark.pdf

Download (87MB)

Abstract

Risma Aini, 2022: Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Saraf Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: analisis kesulitan, pemahaman konsep, gaya belajar

Pembelajaran biologi berkaitan dengan menghubungkan fakta yang pernah dilihat dan dialami siswa sehari-hari dengan konsep-konsep biologi, akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya tercapai sehingga siswa tidak dapat membangun pengetahuan yang bermakna didalam benaknya. Siswa mengalami kesulitan memahami konsep biologi dan menghubungkan antarkonsep tersebut termasuk konsep pada materi sistem saraf. Dalam memahami konsep, setiap siswa memiliki kecenderungan dalam mengolah informasi yang ia terima atau disebut gaya belajar.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kesulitan pemahaman konsep pada materi sistem saraf ditinjau dari gaya belajar siswa visual kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Lumajang tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana kesulitan pemahaman konsep pada materi sistem saraf ditinjau dari gaya belajar siswa auditorial kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Lumajang tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana kesulitan pemahaman konsep pada materi sistem saraf ditinjau dari gaya belajar siswa kinestetik kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Lumajang tahun pelajaran 2021/2022?
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study). Subyek penelitian ini yaitu siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana (2014:8-10) yang meliputi kondensasi, penyajian, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Kesulitan pemahaman konsep pada materi sistem saraf ditinjau dari gaya belajar siswa visual yaitu kesulitan pada indikator menafsirkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan dan membandingkan. 2) Kesulitan pemahaman konsep pada materi sistem saraf ditinjau dari gaya belajar siswa auditorial yaitu kesulitan pada indikator mencontohkan, menyimpulkan, dan membandingkan. 3) Kesulitan pemahaman konsep pada materi sistem saraf ditinjau dari gaya belajar kinestetik yaitu kesulitan pada indikator menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, dan membandingkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Risma Aini
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:21
Last Modified: 06 Dec 2022 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15596

Actions (login required)

View Item View Item