Pembelajaran Menghafal Hadis Menggunakan Metode Kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi

Khasanah, Ulil Ma’rifatul (2020) Pembelajaran Menghafal Hadis Menggunakan Metode Kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ulil Ma’rifatul Khasanah_T20151274.pdf

Download (19MB)

Abstract

Hadis merupakan sumber ajaran Islam yang kedua setelah Al-Qur’an. Oleh karena itu wajib bagi kita untuk memeliharanya, salah satunya dengan cara menghafalnya. Berkaitan dengan menghafal, ada beberapa kendala yang jadi penghambat misalnya lingkungan yang kurang mendukung, fasilitas yang kurang memadai dan metode yang kurang tepat. Dalam menghafal, kemampuan orang berbeda beda. Maka dari itu, perlu diperhatikan dalam pemilihan metode. salah satunya adalah metode kauny, yaitu metode yang tidak hanya untuk menghafal Al-Qur’an dan hadis tetapi bisa juga untuk menghafal kitab klasik, menghafal data dan lain sebagainya, dan cocok untuk semua jenjang usia. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menghafal hadis menggunakan metode kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menghafal hadis menggunakan metode kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran menghafal hadis menggunakan metode kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menghafal hadis menggunakan metode kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menghafal hadis menggunakan metode kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menghafal hadis menggunakan metode kauny di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam perencanaan pembelajaran ustadz dan ustadzah mengembangkan kurikulum dan dijadikan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan belajar mengajar. Enam bulan sekali mengadakan pertemuan ustadz dan ustadzah seluruh cabang Ma’had Askar Kauny untuk merancang pembelajaran. Pengembangan pembelajaran pada teori pembelajaran 2) Pelaksanaan pembelajaran di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi terdapat kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran terdapat penilian berupa setoran mingguan dan ujian semester yang berupa tes lisan dan tes tulis. Dalam seminggu atau dua minggu sekali ustadz dan ustadzah Ma’had Askar Kauny Banyuwangi mengadakan evaluasi pembelajaran. Kata kunci: metode kauny, pembelajaran menghafal hadis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:27
Last Modified: 05 Mar 2021 04:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1560

Actions (login required)

View Item View Item