Pengaruh Self Efficacy dan Self Esteem Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022

Mu'izzah, Yustika (2022) Pengaruh Self Efficacy dan Self Esteem Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YUSTIKA MUIZZAH_T20187023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh self efficacy yang berkaitan dengan
kemampuan kognitif dalam proses belajar matematika. Untuk mampu mendukung
dan mengoptimalkan self efficacy juga diperlukan beberapa faktor lain. Salah satu
faktor lain yang bisa memperkuat self efficacy ialah self esteem.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh self efficacy
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Pasuruan
Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) mengetahui pengaruh self esteem terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran
2021/2022, 3) mengetahui pengaruh self efficacy dan self esteem secara bersama-
sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6
Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Negeri 6 Pasuruan. Dalam
penelitian ini pemilihan sampel memakai teknik cluster random sampling dengan
keseluruhan siswa kelas VII yaitu 155, diperoleh 61 siswa sebagai sampel sesuai
dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah dokumen dan
angket. Sedangkan untuk teknik analisis data memakai statistik deskriptif dan
statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang
signifikan self efficacyterhadap prestasi belajar mematika siswa kelas VII MTs
Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat dilihat dari hasil uji statistik
t diperoleh t hitung sebesar 5,573 lebih besar dari t tabel yakni 1,99962 dengan sig
0,000 lebih kecil dari 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan self
esteemterhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6
Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat dilihat uji statistik t diperoleh t
hitung sebesar 3,904 lebih besar dari t tabel yakni 1,99926 dengan sig 0,000 lebih
kecil dari 0,05, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan self efficacydan self
esteemsecara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII
MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat dilihat uji statistik
nilai F hitung sebesar = 92,856 lebih besar dari F Tabel sebesar = 3,15 dengan sig.
sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Kata Kunci: Self Efficacy, Self Esteem , Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Yustika Mu'izzah
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:06
Last Modified: 06 Dec 2022 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15601

Actions (login required)

View Item View Item