Pembentukan karakter siswa melalui budaya religius di madrasah aliyah negeri 3 banyuwangi kecamatan srono kabupaten banyuwangi tahun 2022/2023

Mohammad, Bahrul Ulum (2022) Pembentukan karakter siswa melalui budaya religius di madrasah aliyah negeri 3 banyuwangi kecamatan srono kabupaten banyuwangi tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP watermax.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mohammad Bahrul Ulum, 2022: Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Religius Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022/2023
Kata Kunci: Karakter Siswa, Budaya Religius
Sebagai hamba Allah yang senantiasa dibekali potensi dan peluang untuk melakukan segala hal dalam kehidupan sehari-harinya, tentunya perlu dituntun pula pembentukan karakter yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. sebagai manusia muslim yang beriman dan bertaqwa. Pada zaman sekarang sudah waktunya orang tua mencoba mendidik anak-anak-Nya dengan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik di lingkungan rumah, masyarakat dan di lingkungan sekolah, karena anak-anak sangat berpengaruh menganai karakter dengan teman sebaya nya. Maka dari itu karakter sangatlah penting agar khususnya peserta didik mempunyai pondasi kepribadian karakter yang baik di masa depan nantinya. Pembentukan karakter disini melalui beberapa kegiatan yang tergabung dalam nama “Budaya Religius”, pembentukan karakter siswa selalu diupayakan oleh para guru (tenaga pengajar) khususnya tim keagamaan yang selalu mendukung adanya budaya religius untuk membentuk karakter siswa yang baik.
Mengacu pada latar belakang tersebut, maka fokus masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pembentukan karakter disiplin siswa melalui Budaya Religius, (2) bagaimana pembentukan karakter jujur siswa melalui Budaya Religius, dan (3) Bagaimana pembentukan karakter peduli sosial siswa melalui Budaya Religius.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) pembentukan karakter disiplin siswa melalui Budaya Religius, (2) pembentukan karakter jujur siswa melalui Budaya Religius, dan (3) pembentukan karakter peduli sosial siswa melalui Budaya Religius.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif serta subyeknya melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini meliputi: (1) pembentukan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi melalui budaya religius yakni disiplin, jujur, peduli sosial. (2) pembentukan karakter siswa melalui budaya religius yakni dengan kegiatan: shalat dhuhur berjamaah, shalat dhuha berjamaah, kajian kitab ta’limul muta’allim setiap dua minggu sekali, membaca al-qur’an sebelum kgegiatan mengajar dimulai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Bahrul Ulum
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:39
Last Modified: 06 Dec 2022 01:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15609

Actions (login required)

View Item View Item