Pengaruh Kompetensi Spiritual dan Kepemimpinan Guru PAI Terhadap Budaya Beragama dan Pembentukan Karakter Peserta Didik pada SMA Negeri di Kabupaten Lumajang

Muis, Abdul (2022) Pengaruh Kompetensi Spiritual dan Kepemimpinan Guru PAI Terhadap Budaya Beragama dan Pembentukan Karakter Peserta Didik pada SMA Negeri di Kabupaten Lumajang. Doctoral thesis, Pascasarjana UIN KHAS Jember.

[img] Text
Disertasi Abdul Muis - rev.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi Spiritual, Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Beragama, Pendidikan Karakter.

Guru PAI adalah pendidik dengan keterampilan dan kompetensi khusus serta berbeda dengan guru mata pelajaran umum. Dua kompetensi yang disematkan kepada guru PAI melalui KMA No. 11 Tahun 2011, yakni kompetensi spiritual dan kompetensi leaedership atau kepemimpinan, menjadi bukti sahih bahwa guru PAI memiliki peran lebih besar dan lebih luas dibandingkan dengan guru mata pelajaran lain, terutama yang berkaitan dengan aktivitas keagamaan dan pembentukan karakter peserta didik di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menjelaskan: 1) pengaruh kompetensi spiritual guru PAI terhadap budaya beragama peserta didik, 2) pengaruh kompetensi spiritual guru PAI terhadap pembentukan karakter peserta didik, 3) pengaruh kompetensi kepemimpinan guru PAI terhadap budaya beragama di sekolah, 4) pengaruh kompetensi kepemimpinan guru PAI terhadap pembentukan karakter peserta didik di sekolah, serta 5) pengaruh budaya beragama terhadap pembentukan karakter peserta didik di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methode, yakni penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi dengan menggunakan angket sebagai instrumen utama pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari peserta didik di sekolah Negeri jenjang SMA yang ada di kabupaten Lumajang, dengan melibatkan 99 peserta didik sebagai sampel responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling - Covariance Based (SEM-CB), dengan bantuan aplikais Amos.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi spiritual guru PAI berpengaruh negatif signifikan terhadap budaya beragama peserta didik, 2) kompetensi spiritual guru PAI berpengaruh negatif signifikan terhadap pembentukan karakater peserta didik, 3) kompetensi kepemimpinan guru PAI berpengaruh signifikan terhadap budaya beragama peserta didik, 4) kompetensi kepemimpinan guru PAI berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik, dan 5) budaya beragama berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai seorang guru PAI harus memiliki kesadaran tinggi bahwa mengajar adalah ibadah dan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Guru PAI adalah leader yang menjadi uswah bagi seluruh warga sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Dr Abdul Mu`is
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:35
Last Modified: 06 Dec 2022 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item