Pengembangan E-Modul Keanekaragaman Tumbuhan Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan di Kawasan Wisata Taman Batu Jubang pada Materi Spermatophyta untuk Siswa Kelas X IPA SMA Negeri Mumbulsari Jember

Hilmiyah, Nurul (2022) Pengembangan E-Modul Keanekaragaman Tumbuhan Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan di Kawasan Wisata Taman Batu Jubang pada Materi Spermatophyta untuk Siswa Kelas X IPA SMA Negeri Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HILMIYAH 2022.pdf

Download (20MB)

Abstract

Nurul Hilmiyah. 2022. Pengembangan E-Modul Keanekaragaman Tumbuhan Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan di Kawasan Wisata Taman Batu Jubang pada Materi Spermatophyta untuk Siswa Kelas X IPA SMA Negeri Mumbulsari Jember.
Kata Kunci : E-Modul, Identifikasi, Tumbuhan.
Bahan ajar merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang sederhana dan mudah diperoleh, keberadaan bahan ajar mampu menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Nanik selaku guru biologi SMA Negeri Mumbulsari, bahwa siswa menggunakan bahan ajar berupa LKS dan buku paket yang tersedia di perpustakaan. E-modul merupakan sebuah bentuk penyajian bahan belajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran terntentu, yang disajikan dalam format elektronik. Wisata Taman Batu Jubang memiliki potensi tumbuhan spermatophyta yang beragam. Untuk itu keanekaragaman tumbuhan di sekitar taman dapat dijadikan sumber belajar materi spermatophyta. Selain itu, berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa sebanyak 91,42% setuju jika dikembangkan bahan ajar e-modul keanekaragaman tumbuhan berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan di kawasan wisata Taman Batu Jubang Mumbulsari Jember.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan validitas e-modul keanekaragaman tumbuhan berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan di kawasan wisata Taman Batu Jubang pada materi spermatophyta untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri Mumbulsari Jember. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap e-modul keanekaragaman tumbuhan berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan di kawasan wisata Taman Batu Jubang pada materi spermatophyta untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri Mumbulsari Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan e-modul keanekaragaman tumbuhan berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan di kawasan wisata Taman Batu Jubang pada materi spermatophyta untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri Mumbulsari Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Mumbulsari, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini menggunakan 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 1 validator ahli bahasa, 1 validator soal pretest posttest, 1 guru biologi, dan siswa kelas X IPA di SMA Negeri Mumbulsari Jember.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 86,87%, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 90,17%, validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 93,75%, validasi ahli soal pretest posttest memperoleh persentase sebesar 97,41%, validasi guru biologi memperoleh persentase sebesar 92,80% dengan kriteria sangat valid, dan untuk rata-rata angket respon siswa diperoleh hasil sebesar 84,76% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan keefektifan produk diperoleh hasi Uji T-Test dan N-Gain yaitu : = 0,52 maka dapat disimpulkan bahan ajar e-modul dikategorikan Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nurul Hilmiyah
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:31
Last Modified: 06 Dec 2022 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15617

Actions (login required)

View Item View Item