IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA BERALASAN DI KELAS XI IPA MA AL-AMIEN AMBULU JEMBER

Maskuroh, Siti (2022) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA BERALASAN DI KELAS XI IPA MA AL-AMIEN AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI MASKUROH_T20188107.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siti Maskuroh, 2022: Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan Di Kelas XI Ipa Ma Al-Amien Ambulu Jember

Kata Kunci: Miskonsepsi, sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia, hasil belajar, tes diagnostik pilihan ganda beralasan.

Dalam proses pembelajaran biologi siswa cenderung mengalami miskonsepsi dalam memahami bagaimana organ-organ di dalam tubuh berkerjasama dalam proses pencernaan makanan pada manusia yang berhubungan satu sama lain. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan siswa dalam memahami, menggambarkan, menganalisa materi sistem pencernaan makanan pada manusia terkait zat makanan, saluran dan kelenjar pencernaan makanan, kelainan dan gangguan sisten pencernaan makanan pada manusia, dan cenderung dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi merupakan konsepsi siswa yang tidak benar atau tak sesuai dengan pengertian ilmiah terhadap sesuatu yang terjadi. Sehingga apabila miskonsepsi ini terjadi dapat mengganggu konsep pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat miskonsepsi siswa pada konsep materi sistem pencernaan pada manusia yang terdapat di kelas X1 IPA MA. Al-Amien Ambulu Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan tingkat miskonsepsi pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia pada pesrta didik di kelas XI IPA I MA Al-Amien Ambulu.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penentuan subyek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana cara pengambilan sampel sebagai sumber data dilaksanakan dengan pertimbangan tertentu.Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik pilihan ganda beralasan, yaitu tes pilihan ganda yang disertai alasan sehingga siswa harus menuliskan alasan terhadap jawaban yang dipilihnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan penelitian identifikasi miskonsepsi pada siswa kelas IX IPA 2 MA. Al-Amien Ambulu, rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa sebesar 10 % dengan kategori rendah, dibanding dengan kategori paham sebesar 76 % dan kategori tidak paham sebesar 14%. Adapun untuk sub bab yang yang miskonsepsinya tertinggi yaitu terjadi pada sub bab kelainan dan gangguan pada sistem pencernaan yaitu sebesar 16 %, kedua pada sub bab saluran dan kelenjar pencernaan makanan sebesar 10 % dan untuk sub bab yang mengalami miskonsepsi terendah yakni terjadi pada sub bab zat makanan yakni sebesar 3 % dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Skripsi Maskuroh Siti
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:52
Last Modified: 07 Dec 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15623

Actions (login required)

View Item View Item