UPAYA PENANGANAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) MELALUI PENDEKATAN KONSELING HUMANISTIK (CLIENT CENTERED THERAPY) DI LINGKUNGAN PONDOK SOSIAL (LIPOSOS) JEMBER

Muhammd, Fikri (2022) UPAYA PENANGANAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) MELALUI PENDEKATAN KONSELING HUMANISTIK (CLIENT CENTERED THERAPY) DI LINGKUNGAN PONDOK SOSIAL (LIPOSOS) JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
D20183063 MUHAMAD FIKRI H REVISI SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Fikri Hidayatullah, 2021 :Upaya Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Melalui Pendekatan Konseling Humanistik (Client Centered Therapy) di Lingkungan Pondok Sosial (LIPOSOS) Jember

Orang dengan gangguan jiwa adalah individu yang menderita gangguan kesehatan jiwa yang mempengaruhi pikiran, tindakan, dan emosinya dalam melakukan aktivtas lingkungan sehari-hari. Kondisi tersebut membuat seseorang sulit untuk menjalani kehidupan normal, terutama dalam membangun hubungan dengan orang-orang disekitarnya, maka dalam fase pengobatan yang akan dilewati butuh pendampingan khusus agar tercapainya proses pemulihan. Apalagi masalah gangguan jiwa tertanggal hari ini sudah termasuk kategori yang berat dan masalah yang serius. Beberapa kondisi tersebut tidak luput dari angka prevalensi gangguan jiwa yang tinggi, adanya kesalahan dalam penanganan jiwa, dan minimnya pengetahuan masyarakat dalam masalah penanganan kejiwaan.
Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana bentuk program kegiatan yang dilakukan oleh tenaga LIPOSOS Jember?. 2) Bagaimana proses penanganan ODGJ melalui pendekatan konseling humanistik di LIPOSOS Jember? 3) Bagaimana hasil proses penanganan ODGJ melalui pendekatan konseling humanistik di LIPOSOS Jember?
Tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan program kegiatan yang dilakukan oleh tenaga LIPOSOS Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan proses penanganan ODGJ melalui pendekatan konseling humanistik di LIPOSOS Jember. 3) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan hasil dari proses penanganan ODGJ melalui pendekatan konseling humanistik di LIPOSOS Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penilitiannya deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan sesuai dengan model milles dan hubermen meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian tahapan penelitiannya menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan ialah gambaran dari proses penanganan ODGJ melalui konseling humanistik yaitu: pertama, langkah identifikasi dan diagnosis dalam rangka untuk mengenal pasien berserta gejala atau gangguan yang dialami. Dengan demikian tahapan langkah ini merupakan sebuah kegiatan mengumpulkan data dengan proses penenganan yang dilakukan oleh konselor. Kedua, tahapan terapi atau pelaksanaan yang mana dalam tahapan ini merupakan langkah proses pelaksanaan bantuan atau bimbingan untuk menjelajahi dan mengeskplorasi masalah pasien lebih dalam. Ketiga, tahap langkah evaluasi atau follow up yang mana dalam langkah ini dimaksudkan untuk menilai atau mengetahui sejauh mana proses konseling dilakukan serta sejauh mana telah mencapai keberhasilannya

Kata Kunci : Gangguan Jiwa, Konseling Humanistik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr Muhammad Fikri Hidayatullah
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:29
Last Modified: 07 Dec 2022 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item