PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN KITAB TAFSIR YASIN PADA REMAJA MASJID ASASUL MUTTAQIN DESA KEBONAGUNG KABUPATEN BLITAR

Anam, Lubabul (2022) PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN KITAB TAFSIR YASIN PADA REMAJA MASJID ASASUL MUTTAQIN DESA KEBONAGUNG KABUPATEN BLITAR. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (Lubabul Anam T20181007)
__Lubabul_Anam_T20181007.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lubabul Anam, 2022: “Penguatan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Kitab Tafsir Yasin Pada Remaja Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar”.
Kata Kunci : Penguatan Karakter Religius, Pembelajaran Kitab Tafsir Yasin
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis untuk mengetahui Penguatan Pendidikan Karakter Religius Remaja Pada Pembelajaran Kitab Tafsir Yasin di Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar. Setelah diketahui bahwa terjadi perubahan karakter remaja di desa kebonagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika di kalangan remaja, partisipasi remaja dalam kegiatan pembelajaran kitab tafsir yasin dalam menguatkan karakter religius remaja, Serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembelajaran kitab tafsir yasin.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penguatan karakter religius dalam pembelajaran kitab tafsir yasin pada remaja Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar 2022, 2) Bagaimana pelaksanaan penguatan karakter religius dalam pembelajaran kitab tafsir yasin pada remaja Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar 2022, 3) Bagaimana evaluasi penguatan karakter religius dalam pembelajaran kitab tafsir yasin pada remaja Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar 2022.
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penguatan karakter religius dalam pembelajaran kitab tafsir yasin pada remaja Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar 2022. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan karakter religius dalam pembelajaran kitab tafsir yasin pada remaja Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar 2022. 3 Untuk mendeskripsikan evaluasi penguatan karakter religius dalam pembelajaran kitab tafsir yasin pada remaja Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung Kabupaten Blitar 2022
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan Langkah-langkah: 1) Kondensi Data, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpulan. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi teknik, triangulasi sumber dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian ini, memberikan gambaran bahwa remaja Masjid Asasul Muttaqien Desa Kebonagung mengalami peningkatan dalam karakter religius yang dapat dilihat pada sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Penguatan karakter religius tersebut muncul dari berbagai tahapan yang dilaksanakan dalam pembelajaran Kitab Tafsir Yasin, Pada penelitian ini peneliti mengelompokkan ke dalam tiga tahapan yaitu proses perencanaan, proses pelaksanaan, proses evaluasi. Proses perencanaan terdiri dari musyawarah dan konsultasi dengan tujuan mengatur dan membentuk struktur acara pada pembelajaran Kitab Tafsir Yasin Di Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung. Proses pelaksanaan merupakan proses pengimplementasian kegiatan musyawarah. Proses evaluasi merupakan tahapan yang dilaksanakan ketika acara berakhir yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan dalam kegiatan pembelajaran Kitab Tafsir Yasin Di Masjid Asasul Muttaqin Desa Kebonagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lubabul Anam
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:07
Last Modified: 07 Dec 2022 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item View Item