Analisis Trend Permintaan dan Penawaran Madu Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo

Rozaldi Ramadhani, Muhammad (2022) Analisis Trend Permintaan dan Penawaran Madu Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ROZALDI RAMADHANI_E20182177.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Rozaldi Ramadhani, Dr. Ahmad Afif, M.E.I, 2022: Analisis trend permintaan dan penawaran madu pada masa pandemi covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo.
Pada masa pandemi covid-19 mewabah di Indonesia, usaha peternak lebah madu mampu meningkatkan penjualan yang cukup signifikan hingga 100 persen. Sehingga madu memberikan peluang usaha yang cukup menjanjikan, baik bagi peternak lebah madu. Pandemi covid-19 tidak selamanya merugikan, namun juga memiliki dampak positif terutama bagi peternak lebah madu yang ada di Desa Banyuanyar Kidul.
Fokus masalah yang ada didalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana analisis trend permintaan madu pada masa pandemi covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana analisis trend penawaran madu pada masa pandemi covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo? 3) Apa saja faktor penyebab tinggi rendahnya jumlah permintaan dan penawaran madu pada masa pandemi covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis trend permintaan madu pada masa pandemi covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk menganalisis trend penawaran madu pada masa pandemi covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. 3) Untuk menganalisis apa saja faktor penyebab tinggi rendahnya jumlah permintaan dan penawaran madu pada masa pandemi covid-19 di Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo.
Pendekatan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research (lapangan). Sumber data primer dan sekunder merupakan sumber data yang digunakan, yang berupa hasil observasi dan wawancara melalui purposive sampling dan artikel, majalah dan lainnya yang berkaitan tentang permintaan dan penawaran sebagai data sekunder. Dari data tersebut yang dihasilkan lalu dianalisa dengan cara kualitatif deskriptif dan diuji keabsahan datanya melalui triangulasi sumber dan teknik.
Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa: 1) Trend permintaan madu pada masa pandemi covid-19 ini adanya perubahan terhadap peningkatan madu yang diminta oleh konsumen, sehingga perubahan menjadikan dampak yang baik dengan meningkatnya permintaan hingga 100 persen, bagi para peternak lebah madu desa Banyuanyar Kidul ini; 2) Bahwa trend penawaran madu pada masa pandemi ini tidak selalu berdampak baik bagi peternak, dengan keterbatasan stok yang akan tawarkan sehingga konsumen kecewa atas gagal panen madu pada masa pandemi ini; 3) Bahwa faktor penyebabkan tinggi rendahnya permintaan dan pernawaran madu, hal ini terjadi karena masyarakat sadar akan pentingnya menjaga imunitas tubuh pada masa pandemi ini, sehingga permintaan meningkat drastis. Dan perubahan cuaca (faktor alam) yang menjadi sebab atas kegagal panen madu, sehingga madu yang akan ditawarkan kosong.
Kata kunci : Permintaan, Penawaran, Madu, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Rozaldi Ramadhani
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:13
Last Modified: 07 Dec 2022 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item