PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA PELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KELAS XI DI SMKS YP 17 01 LUMAJANG

Luluk, Mukaromah (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA PELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KELAS XI DI SMKS YP 17 01 LUMAJANG. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
TESIS LULUK MUKARROMAH (203206030029) ok.pdf

Download (48MB)

Abstract

Mukaromah, Luluk. Pengembangan Bahan ajar Berbasis Contekstual Teaching and Learnig (CTL) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Kelas XI Di SMKS YP 17 01 Lumajang. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Hajiz Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing I: Dr. H. Moh Sahlan, M.Ag, Pembimbing II: Dr. Dyah Nawangsari, M.Ag
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, PAI, Berbasis Contekstual Teaching and Learning.(CTL)
Pengembangan bahan ajar mata pelajaran PAI Berbasis Contekstual Teaching and Learning.(CTL) didasarkan pada kenyataan bahwa sangat diperlukan bahan ajar yang dapat memberikan variasi baru untuk membentuk karakter religi siswa saat proses pembelajaran.
Spesifikasi Produk yang akan dikembangkan berupa bahan ajar beberbentuk modul berbasis budaya pesantren, adapun sepesifikasinya adalah Produk berupa bahan ajar beberbentuk buku ajar berbasis Contekstual Teaching and Learning yang dikembangkan sesuai kurikulum 2013. Produk berisi jenis materi pembelajaran PAI: prosedural, informatif, konseptual dan nilai/sikap. Produk berisi materi kelas XI semester Ganjil yang berisi konten materi dalam bentuk teks dan gambar.
Model pengembangan yang digunakan dalam metode penelitian dan pengembangan bahan ajar ini adalah model R&D Borg and Gall (1983) yang telah disederhanakan, yaitu: (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Uji coba tim ahli dan revisi, (4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) Uji coba lapangan skala besar dan revisi produk akhir. Sedangkan subyek uji cobanya terdiri atas: ahli materi/isi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, ahli desain buku ajar, ahli bahasa, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMKS YP 17 01 Lumajang.
Hasil penelitian dan pengembangan diawali dari hasil validasi tim ahliyang menilai kelayakan bahan ajar, terdiri dari: (1) validasi ahli materi/isi 90%dengan tingkat kualifikasi baik dan tidak memerlukan revisi, (2) validasi ahli desain dan media pembelajaran 77% dengan tingkat kualifikasi cukup baik, produk dapatdilanjutkan dengan revisi tidak mendasar, (3) validasi ahli bahasa 88% dengan tingkat kualifikasi sangat baik. Uji coba kelompok kecil menilai kemenarikan bahan ajar diperoleh 86% dengan kualifikasi baik. Uji coba lapangan terdiri dari:(1) uji coba guru bidang studi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti 96,6% dengan tingkat kemenarikan sangat baik, (2) uji coba kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan otomotif terhadap efektifitas penggunaan bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Contekstual Teaching and Learning dengan menggunakan analisis statistik SPSS versi 17 dengan hasil t hitung > t table (8.899 > 1,714), maka Ho, ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa bahan ajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: ms. luluk mukaromah
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:20
Last Modified: 07 Dec 2022 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item