Implementasi pembelajaran kitab washoya al abaa' lil abnaa' dalam membentuk akhlak santri pondok pesantren bintang sembilan wuluhan jember

Nafis, M. Jawahirun (2022) Implementasi pembelajaran kitab washoya al abaa' lil abnaa' dalam membentuk akhlak santri pondok pesantren bintang sembilan wuluhan jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Jawahirun Nafis T20181111.1 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran kitab Washoya al-Abaa` Lil Abnaa` merupakan kegiatan
pembelajaran di pondok pesantren Bintang Sembilan Wuluhan Jember yang
bertujuan untuk dapat membentuk akhlak santri. Karena melihat dari realita yang
ada masih banyak santri putra yang belum bisa mengamalkan isi dari Washoya alAbaa` Lil Abnaa` seperti berkelahi, kuragnya adab ketika berada dimajelis ilmu,
kurang menghormati ustadz ketika pembelajaran berlangsung. Maka dari itu
dengan adanya pembelajaran ini diharapkan dapat merubah dan membentuk
akhlak santri menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab
Washoya Al-Abaa` lil Abnaa dalam membentuk akhlak di pondok pesantren
Bintang Sembilan. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Washoya alAbaa` Lil Abnaa` dalam membetuk akhlak santri di pondok pesantren Bintang
Sembilan. 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Washoya al-Abaa` Lil
Abnaa` dalam membetuk akhlak santri di pondok pesantren Bintang Sembilan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran
kitab Washoya Al-Abaa` lil Abnaa dalam membentuk akhlak di pondok pesantren
Bintang Sembilan. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab
Washoya al-Abaa` Lil Abnaa` dalam membetuk akhlak santri di pondok pesantren
Bintang Sembilan. 3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran kitab Washoya alAbaa` Lil Abnaa` dalam membetuk akhlak santri di pondok pesantren Bintang
Sembilan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif
deskriptif dengan jenis studi kasus. Menggunakan pengumpulan data dengan
teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun keabsahan data yang
digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun kesimpulan yang diperoleh yaitu: 1). Perencanaan pembelajaran
kitab Washoya al-Abaa` Lil Abnaa` dalam membetuk akhlak santri di pondok
pesantren Bintang Sembilan Wuluhan yaitu menyiapkan materi dan membuat
terjemah. 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Washoya al-Abaa` Lil Abnaa` dalam
membetuk akhlak santri di pondok pesantren Bintang Sembilan dilaksanakan
dalam dua hari dan pada tiap kali pertemuan terdiri dari kegiatan pendahuluan, iti
dan penutup. Metode yang digunakan yaitu metode bandongan, terjemah, tutor
sebaya dan sorogan. 3) evaluasi pembelajaran kitab Washoya al-Abaa` Lil Abnaa`
dalam membetuk akhlak santri di pondok pesantren Bintang Sembilan terdiri dari
dua jenis evaluasi tes, di antaranyanya tes lisan dengan metode sororgan dan tes
tulis yang dilaksanakan tiga bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: M. Jawahirun Nafis
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:27
Last Modified: 07 Dec 2022 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item