Pengembangan bahan ajahr e-book berbasis multimedia interaktif menggunakan aplikasi flip PDF profesional pada pembelajaran IPS di MTs Al-Amin Silo Jember tahun Pelajaran 2021/2022

Wazi'atus, Santiyah (2022) Pengembangan bahan ajahr e-book berbasis multimedia interaktif menggunakan aplikasi flip PDF profesional pada pembelajaran IPS di MTs Al-Amin Silo Jember tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Wazi'atus Santiyah T20179096.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada era globalisasi guru harus bisa membaca situasi dan menyiapkan
sumber belajar serta media pembelajaran yang cocok dengan apa yang digemari
oleh siswa, sehingga perhatian siswa bisa fokus pada pembelajaran, bahkan yang
digunakan guru di madrasah hanya mengandalkan buku paket, LKS saja,
sehingga membuat Sebagaian peserta didik merasa bosan dan jenuh. dan cara
penyampaian yang monoton.
Bahan ajar e-book Interaktif kemudian dikembangkan untuk membantu
proses pembelajaran lebih inovatif dan memacu semangat belajar siswa agar lebih
efektif.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui produk bahan
ajar e-book berbasis multimedia interaktif menggunakan aplikasi flip PDF
profesional pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tahun pelajaran
2021/2022 efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yaitu: Define,
designe, develop, dan dessiminate. Penelitian ini dilakukan di Madrasah
Tsanawiyah Al-Amin Silo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode berupa Angket dan Dokumentasi.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil : 1) bahan ajar e-book berbasis
multimedia interaktif menggunakan aplikasi Flip PDF Profesional telah
tervalidator oleh 3 ahli diantaranya ahli materi dengan skor 4,4 , ahli media bahasa
4,2 dan ahli media 4,8 semua berkriteria sangat baik 2) bahan ajar e-book berbasis
multimedia interaktif menggunakan aplikasi Flip PDF Profesional , memiliki 10
ciri – ciri yaitu, (1) Halaman Sampul,(2) petunjuk penggunaan,(3) Kata Pengantar
(4) Pendahuluan; (5) Peta Konsep; (6) uraian materi; (7) rangkuman; (8) latihan
soal; (9) daftar pustaka (10) dan biodata penulis memiliki efektifitas dalam
pembelajaran IPS di MTs A- Amin Silo Jember dan memeproleh hasil nilai
belajar siswa sebesar 86%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Wazi'atus Santiyah Santiyah
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:45
Last Modified: 09 Dec 2022 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15675

Actions (login required)

View Item View Item