UPAYA PREVENTIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU BODY SHAMING DI KALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL FALAH SRONO BANYUWANGI TAHUN 2022

Pratiwi, Sandra Lutfi Auliani (2022) UPAYA PREVENTIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU BODY SHAMING DI KALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL FALAH SRONO BANYUWANGI TAHUN 2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji AChmad Siddiq Jember.

[img] Text
SANDRA LUTFI T20181220.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sandra Lutfi Auliani Pratiwi, 2022: Upaya Preventif Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Body Shaming Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Nurul Falah Srono Banyuwangi Tahun 2022.

Kata Kunci: Upaya Preventif, Guru Pendidikan Agama Islam, Body Shaming

Meski memiliki dampak yang cukup serius, perilaku body shaming kurang mendapat perhatian di masyarakat bahkan dianggap sebagai hal yang sepele. Body shaming kerap kali terjadi dan sering dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti keluarga, tetangga, maupun teman. Di lingkungan sekolah, perilaku body shaming seolah menjadi kebiasan diantara siswa, hingga dianggap hanya sekedar gurauan. Jika dikaitkan dengan adab kepada teman, perilaku body shaming jelas bertentangan dengan ajaran Islam. Dalam hal ini, kehadiran guru Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam mencegah terjadinya body shaming antar siswa tersebut. Guru di sekolah memiliki tanggung jawab dalam memberikan pemahaman kepada siswa untuk mencegah perilaku body shaming terjadi.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk perilaku body shaming pada siswa di SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi ? 2) Bagaimana penyebab terjadinya perilaku body shaming pada siswa di SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi ? 3) Bagaimana dampak body shaming pada siswa di SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi ? 4) Bagaimana upaya preventif Guru Pendidikan Agama Islam terhadap body shaming di kalangan siswa SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi ?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan bentuk perilaku body shaming pada siswa di SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi ? 2) Mendeskripsikan penyebab terjadinya perilaku body shaming pada siswa di SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi ? 3) Mendeskripsikan dampak body shaming pada siswa di SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi ? 4) Mendeskripsikan upaya preventif Guru Pendidikan Agama Islam terhadap body shaming di kalangan siswa SMP Nurul Falah Srono Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Bentuk-bentuk perilaku body shaming pada siswa di SMP Nurul Falah Srono-Banyuwangi ada 3 yaitu antara lain: a) skinny shaming yakni penggunaan nama panggilan "tiang listrik" dan "cungkring" yang didasarkan atas bentuk tubuh kurus dan tinggi, b) fat shaming dan body shaming pada warna kulit, yakni penggunaan nama panggilan "tong gelundung" disebabkan memiliki bentuk tubuh gemuk dan memiliki warna kulit yang lebih gelap, c) skinny shaming yakni penggunaan nama panggilan "cungkring" yang didasarkan atas bentuk tubuh yang kurus dan tinggi. (2) Penyebab terjadinya perilaku body shaming diantara siswa diantaranya: a) karakter atau watak dari anak yang bersangkutan, b) pengaruh perkembangan teknologi, sehingga anak bebas mengakses media sosial tanpa ada batasan dari orang tua, c) pengawasan yang kurang kompak antara pihak sekolah dengan orang tua di rumah, dan d) latar belakang anak yang berasal dari keluarga broken home. 3) Dampak perilaku body shaming pada siswa yaitu merasa minder, takut untuk berteman dan menutup diri dari orang lain, serta body shaming yang berkepanjangan dapat menyebabkan trauma pada anak yang akan berdampak pada pendidikannya. 4) Upaya preventif Guru Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku body shaming di kalangan siswa yaitu: a) menegur dan memberi tahu bahwa tindakan tersebut dapat berakibat buruk, b) menanamkan akhlak yang baik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, c) membentuk karakter siswa melalui program keagamaan seperti membaca Asmaul Husna sebelum memulai pelajaran, Shalat Dhuha bersama, dan Shalat Dzuhur berjama'ah, serta d) mengadakan penyuluhan atau sosialisasi terkait body shaming pada siswa kelas 7 di masa awal pengenalan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sandra Lutfi
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:48
Last Modified: 09 Dec 2022 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15676

Actions (login required)

View Item View Item