TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI MADSRASAH TSANAWIYAH NEGERI O8 JEMBER

A'la, Della Qorena (2022) TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI MADSRASAH TSANAWIYAH NEGERI O8 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DELLA QORENA A’LA WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang terutama bagi seorang pemimpin. Organisasi akan berjalan sesuai fungsinya, apabila para pemimpinya memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan dan mampu menerapkannya kepada anggota organisasi. Pengambilan keputusan partisiptif adalah kemampuan seorang pemimpin dalam menggunakan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran dengan melibatkan berbagai unsur yang terkait. Pengambilan keputusan jenis partisipatif ini merupakan Langkah yang sering digunakan diera modern saat ini karena dianggap paling efektif untuk menghasilkan sebuah keputusan yang mufakat karena menjadi keputusan yang dapat diterima oleh semua pihak.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana teknik pengambilan keputusan partisipatif kepala madrasah secara terprogram dalam menangani problematika Pendidikan MTsN 08 Jember?. 2) Bagaimana teknik pengambilan keputusan partisipatif kepala madrasah secara tidak terprogram dalam menangani problematika Pendidikan MTsN 08 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kepada mahasiswa dan masyarakat tentang teknik pengambilan keputusan partisipatif kepala madrasah secara terprogram dalam menangani problematika pendidikan di MTsN 08 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kepada mahasiswa dan masyarakat tentang teknik pengambilan keputusan partisipatif kepala madrasah secara tidak terprogram dalam menangani problematika pendidikan di MTsN 08 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipasi pasif wawancara semi terstruktur serta dokumentasi. Analisis data kualitatif model interaktif menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi langkah-langkah, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Penentuan subjek penelitian melalui teknik purposive. Keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh simpulan: 1) Teknik pengambilan keputusan partisipatif Kepala Madrasah secara terprogram dalam menangani problematika Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 08 Jember terlaksana secara rutin dan teratur melalui musyawarah atau rapat yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali Adapun keputusan terprogram Kepala Madrasah meliputi: sholat Dhuha berjama’ah, pengadaan alat cuci tangan siswa dimasing-masing kelas, pemasangan sarana kipas angin. 2)Teknik pengambilan keputusan partifipatif Kepala Madrasah secara tidak terprogram dalam menangani problematika Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 08 Jember terlaksana tidak teratur sesuai dengan situasi dan kondisi serta dilaksanakan secara tiba-tiba. Keputusan tidak terprogram Kepala Madrasah meliputi: keputusan tentang pembangunan gedung madrasah yang mengalami kerusakan, keputusan permohonan dana untuk pembangunan gedung, penanganan dan pemanggilan terhaddap siswa yang melakukan pelanggaran yang berakibat besar terhadap Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Della Qorena A'la
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:01
Last Modified: 09 Dec 2022 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item