Husna, Sinta Nuriatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI IPA di MA Nahdlatut Thalabah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI IPA di MA Nahdlatut Thalabah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. (Unpublished)
Text
sinta watermark.pdf Download (11MB) |
Abstract
Sinta Nuriatul Husna, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI IPA di MA Nahdlatut Thalabah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flash Card, Sistem Ekskresi.
Dalam dunia pendidikan, pada proses belajar pasti perlu adanya media yang mendukung minat belajar siswa. Penggunaan media sangat berpengaruh terhadap motivasi dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yaitu media flash card yang terdiri dari kartu-kartu dan memuat gambar serta keterangan materi di dalamnya yang dapat digunakan bermain sambil belajar, sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan pengembangan flash card pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas XI IPA di MA Nahdlatut Thalabah Wuluhan Jember. 2) Mendeskripsikan kepraktisan pengembangan flash card pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas XI IPA di MA Nahdlatut Thalabah Wuluhan Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan pengembangan flash card pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas XI IPA di MA Nahdlatut Thalabah Wuluhan Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Developmemt (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI IPA di MA Nahdlatut Thalabah Wuluhan Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi dari ahli media mendapat presentase sebesar 81,25% dengan kategori sangat valid. Pada ahli materi mendapatkan hasil sebesar 94,1% dengan kategori sangat. Pada ahli bahasa mendapatkan hasil sebesar 93,7% dengan kategori sangat valid dan pada guru Biologi mendapatkan hasil sebesar 88,5% dengan kategori sangat valid. 2) Rata-rata angket respon siswa pada skala keci memperoleh presentase sebesar 77,4% dengan kategori praktis dan pada skala besar memproleh presentase sebesar 91,6% dengan kategori sangat praktis. 3) Hasil uji efektifitas yaitu Thitung (27,717) > Ttabel (1,693) sedangkan hasil uji N-Gain yaitu 74,54 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran flash card pada sistem ekskresi dapat dikatakan efektif dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060303 Biological Adaptation 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060307 Host-Parasite Interactions 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060310 Plant Systematics and Taxonomy 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060501 Bacteriology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060504 Microbial Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Sinta Nuriahsn |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:09 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15703 |
Actions (login required)
View Item |