UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DI MA’HAD AL-QOSIMY MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUWANGI

Mawaddah Warrohmah, Ilma (2022) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DI MA’HAD AL-QOSIMY MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ilma Mawaddah Warrohmah (T20181272).pdf

Download (4MB)

Abstract

Ilma Mawaddah Warrohmah, 2022 : Upaya Pembentukan Karakter Melalui Pemberian Reward dan Punishment di Ma‟had Al-Qosimy Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi.
Kata Kunci: upaya pembentukan karakter, reward, punishment
Upaya pembentukan karakter perlu ditanankan kepada generasi muda zaman sekarang untuk membentengi diri mereka agar tidak terjerumus kedalam lubang penyesalan atau kehancuran yang dapat merusak diri mereka sendiri. Dalam upaya pebentukan karakter pengurus berinisiatif memberikan reward (hadiah) dan punishment (hukuman) agar santri putri tidak melakukan perbuatan sesuka hati mereka. Fokus penelitian dalam penelitian yaitu: 1) Bagaimana pemberian reward dalam upaya pembentukan karakter religius, disiplin dan tanggung jawab di Ma‟had Al-Qosimy Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi?; 2) Bagaimana pemberian punishmnet dalam upaya pembentukan karakter religius, disiplin dan tanggung jawab di Ma‟had Al-Qosimy Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi?. Tujuan penelitian dalam penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pemberian reward dalam upaya pembentukan karakter religius, disiplin dan tanggung jawab di Ma‟had Al-Qosimy Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi; 2) Untuk mendeskripsikan pemberian punishmnet dalam upaya pembentukan karakter religius, disiplin dan tanggung jawab di Ma‟had Al-Qosimy Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Upaya pembentukan karakter religius melalui reward dengan memberi ucapan selamat agar santri putri termotivasi untuk melaksanakan tata tertib dan kegiatan keagamaan dan melalui punishment setelah sholat tahajud membaca surah yasin 5 kali dan membaca sholawat sampai adzan shubuh, agar mereka bisa merenungkan kesalahan yang sudah ia buat 2) Upaya pembentukan karakter disiplin melalui reward dengan menobatkan salah satu satri putri menjadi santri teladan dan diberi piagam penghargaan agar memotivasi untuk disiplin dan melalui punishment waktu pengumpulan dan pegang hp dipercepat, berdiri 15 menit, jalan jongkok sampai gerbang 25 langlah, skot jump 20 kali agar mereka sadar atas pelanggaran tata tertib yang sudah ia buat dan mereka diajarkan untuk menghargai dan disiplin terhadap waktu 3) Upaya pembentukan karakter tanggung jawab melalui pemberian reward bendara putih dan alat kebersihan agar santri putri memiliki rasa tanggung jawab dan melalui punishment mencuci tempat sampah se ma‟had, piket mengumpulkan kotak makan jika tidak lengkap, dapat bendera hitam, membuang sampah se ma‟had selama satu minggu agar mereka memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms ilma mawaddah warrohmah
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:12
Last Modified: 09 Dec 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item