PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM KEGIATAN JUMAT BERJIHAT DI SMP NEGERI 1 TURI LAMONGAN

Mufadhilah, Ayu (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM KEGIATAN JUMAT BERJIHAT DI SMP NEGERI 1 TURI LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AYU MUFADHILAH_T20181135.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ayu Mufadhilah, 2022, Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kegiatan Jumat Berjihat di SMP Negeri 1 Turi Lamongan
Kata Kunci: Nilai-Nilai Keislaman, Pendidikan Karakter
Penanaman nilai-nilai keislaman merupakan suatu tindakan atau cara untuk menanamkan pengetahuan tentang agama yang berharga, berupa nilai keimanan, Ibadan dan akhlak yang berlandaskan pada wahyu Allah swt dengan tujuan agar anak mampu mengamalkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar secara penuh kesadaran. Melihat banyaknya kemerosotan moral dan akhlak pada peserta didik di Indonesia, pendidikan selalu berupaya dalam meningkatkan karakter peserta didik di Indonesia. SMP Negeri 1 Turi merupakan salah satu sekolah yang berupaya dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui penanaman nilai-nilai keislaman melalui kegiatan Jumat Berjihat.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penanaman nilai akidah sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat di SMP Negeri 1 Turi Lamongan? 2) Bagaimana penanaman nilai ibadah sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat di SMP Negeri 1 Turi Lamongan? 3) Bagaimana penanaman nilai akhlak sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat di SMP Negeri 1 Turi Lamongan?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendiskripsikan penanaman nilai akidah sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat di SMP Negeri 1 Turi Lamongan. 2) Untuk mendiskripsikan penanaman nilai ibadah sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat di SMP Negeri 1 Turi Lamongan. 3) Untuk mendiskripsikan penanaman nilai akhlak sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat di SMP Negeri 1 Turi Lamongan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Kemudian, untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Penanaman nilai-nilai akidah sebagai upaya dalam penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat diterapkan dalam kegiatan Ngaji Bersama. 2) Penanaman nilai-nilai ibadah sebagai penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat diterapkan dalam kegiatan shalat dhuha. 3) Penanaman nilai-nilai akhlak sebagai upaya penguatan pendidikan karakter melalui program kegiatan Jumat Berjihat diterapkan dalam kegiatan senam sehat dan bersih-bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayu Mufadhilah Ayu Mufadhilah
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:18
Last Modified: 09 Dec 2022 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15721

Actions (login required)

View Item View Item