Model Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Ahlakul Karimah Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kalibaru Banyuwangi

Hoiriyah, Hoiriyah (2022) Model Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Ahlakul Karimah Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hoiriyah_T20183033..pdf

Download (1MB)

Abstract

Hoiriyah, 2022: Model Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Nurul Islam Kalibaru Banyuwangi.

Kata Kunci: Model Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah, Akhlakul Karimah

Akhlak pelajar saat ini begitu memprihatinkan, tingkah laku dari seorang
peserta didik jarang sekali mencerminkan bahwa mereka adalah terpelajar. Kenakalan peserta didik di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya guru dalam menguasai kelas, guru yang kurang memperhatikan perilaku peserta
didik oleh karena itu di sebabkan pembinaan akhlak yang kurang efektif, program yang masih belum serius dan alokasi waktu pendidikan relatif sedikit. Krisis akhlak memang menjadi tanggung jawab semua pihak, terlebih pada lembaga
pendidikan. Oleh karena itu kepala madrasah sangat menentukan akhlak peserta didik melalui kebiasaan yang baik serta pengawasan kinerja guru.

Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana model kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik?; 2). Implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam
meningkatkan akhlak peserta didik?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1).Untuk mendeskripsikan model kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik. 2). Untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan akhlak peserta didik.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, untuk analisis datanya dimulai dari tahap
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Adapun hasil dari penelitian ini, diantaranya:. Pertama model kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik MI Nurul Islam Kalibaru Banyuwangi menggunakan model partisipatif kekeluargaan dengan langkah-langkah: 1). Membuat keputusan
tentang pengawasan dalam meningkatkan akhlak peserta didik melalui rapat. 2). Kepala madrasah membuat standar operasional manajemen kelas yang bertumpu pada kurikulum K13. 3). Mengevaluasi dan memantau pengajaran di kelas melalui obsevasi. Kedua Implemetasi kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik MI Nurul Islam Kalibaru
Banyuwangi yang dilakukan kepala madrasah adalah 1). Menerapkan cara bersalaman dan cara mengambil barang kepada yang lebih tua serta melakukan pembiasaan 5S (sapa, salam, senyum, sopan dan santun). 2). Program kegiatan rutin sholat dhuha, dhuhur berjama’ah dan kegiatan tartilussobah bersama. 3). Mengkaitkan pembelajaran umum seperti mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang mengacu pada kurikulum K13 serta visi, misi dan tujuan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MS HOIRIYAH HOIRIYAH
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:21
Last Modified: 09 Dec 2022 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item View Item