Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan dalam Menumbuhkan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember

Hadi, Abdul (2022) Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan dalam Menumbuhkan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ABDUL HADI watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan madrasah yang berkualitas dan bermutu, kurikulum merupakan suatu program pembelajaran yang ada di Madrasah untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan adalah perwujudan dari salah satu komponen pada program adiwiyata yang mana dalam pelaksanaannya kurikulum tersebut dapat mengintegrasikan mata pelajaran yang ada dengan materi lingkungan.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi kurikulum berbasis lingkungan dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember, 2) Bagaimana Implementasi kurikulum berbasis lingkungan dalam menumbuhkan karakter disiplin pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Implementasi kurikulum berbasis lingkungan dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember. 2) Mendeskripsikan Implementasi kurikulum berbasis lingkungan dalam menumbuhkan karakter disiplin pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember.
penelitian ini menggunakan teknik atau metode penelitian kualitatif dan pendekatannya dengan pendekatan deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi, sedangkan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive, dan analisis data yang dilakukan dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang 1)Implementasi kurikulum berbasis lingkungan dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan seperti a).Mengembangkan lintas mata pelajaran/menyisipkan materi lingkungan hidup pada beberapa mapel Ipa,Ips,Fiqih.b)Mengembangkan materi lingkungan hidup yang ada dimasyarakat sekitar melalui kegiatan jumat bersih.c)Mengembangkan kegiatan kurikuler untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan meningkatkan kesadaran tentang lingkungan. 2) Implementasi kurikulum berbasis lingkungan dalam menumbuhkan karakter disiplin seperti a) Peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak sekolah mengenai kedisiplinan keaktifan sekolah, seperti disiplin jam masuk sekolah, shalat duha dan dzuhur berjamaah, larangan berbuat gaduh didalam kelas. b)Sanksi peringatan, teguran dan denda.

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum berbasis lingkungan, Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190101 Art Criticism
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdul Abdul Hadi
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:30
Last Modified: 09 Dec 2022 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15744

Actions (login required)

View Item View Item