IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 1 TANGGUL

Cahayani, Febrina Gea (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 1 TANGGUL. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Febrina Gea Cahayani T20181432 SKRIPSI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Febrina Gea Cahayani, 2022: Implementasi Program Literasi Baca Tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Tanggul.
Kata Kunci: literasi baca tulis Al-Qur’an.
Literasi baca tulis Al-Qur’an merupakan keterampilan atau kemampuan manusia membaca Al-Qur'an, memahami pesan atau risalahnya terkandung dalam Al-Qur'an, pahami tujuannya, sejarahnya dan termasuk interpretasi dan pemahaman makna dari setiap ayat yang dibaca termasuk pendidikan budi pekerti. Di SMP Negeri 1 Tanggul ini selain ada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga menerapkan literasi baca tulis Al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program literasi membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Tanggul? 2) Bagaimana implementasi program literasi menulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Tanggul?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi program literasi membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Tanggul. 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi program literasi menulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Tanggul.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yakni studi kasus. Adapun informan kunci yang diambil dari teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ialah menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau vertifikasi. Juga, teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi program literasi membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Tanggul yaitu kegiatan literasi membaca Al-Qur’an surat Ad-Dhuha ini dimulai dengan salam, pengkondisian kelas, merapikan kelas, dan presensi, kemudian peserta didik membacakan surat Ad-Dhuha. Pelaksanaan literasi membaca Al-Qur’an ini untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam implementasi suatu program literasi membaca Al-Qur’an yang sangat diperlukan peran dan sikap guru yang tegas serta kerja sama yang baik antara peserta didik dan guru. (2) Implementasi program literasi menulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Tanggul yaitu kegiatan literasi menulis ini peserta didik menuliskan surat Ad-Dhuha beserta artinya dan dibimbing oleh guru Pendidikan Agama Islam kelas VIII E di SMP Negeri 1 Tanggul. Selanjutnya guru menjelaskan tentang arti kandungan surat Ad-Dhuha. Kemudian guru membentuk peserta didik menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang lancar kemudian kelompok yang tidak lancar. kelompok yang lancar membuat 1 pertanyaan yang tidak dipahami tentang surat Ad-Dhuha, lalu kelompok yang tidak lancar mencari hukum bacaan tajwid surat Ad-Dhuha. Kemudian dikumpulkan ke guru, selanjutnya guru menyuruh semua peserta didik di kelas VIIIE untuk membacakan surat Ad-Dhuha secara bersama-sama beserta artinya, lalu guru dan peserta didik membuat kesimpulan isi kandungan ayat surat Ad-Dhuha. Setelah itu guru memberikan motivasi, kemudian ditutup dengan doa dan salam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febrina Gea Cahayani
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:42
Last Modified: 09 Dec 2022 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15755

Actions (login required)

View Item View Item