IMPLEMENTASI METODE MULTI LEVEL LEARNING PADA PEMBELAJARAN QAWAID DI PONDOK PESANTREN MODERN Al FARUQ PANCAKARYA, AJUNG, JEMBER TAHUN 2022

Muhaimin, Ahmad (2022) IMPLEMENTASI METODE MULTI LEVEL LEARNING PADA PEMBELAJARAN QAWAID DI PONDOK PESANTREN MODERN Al FARUQ PANCAKARYA, AJUNG, JEMBER TAHUN 2022. Undergraduate thesis, UIN KIA HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ahamad~Muhaimin~T20181051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Ahmad Muhaimin, 2022 : “Implementasi Metode Multi Level Learning Pada Pembelajaran Qawaid Di Pondok Pesantren Modern Al Faruq Pancakarya, Ajung, Jember Tahun 2022”.

Kata kunci : Implementasi, Metode Multi Level Learning, Pembelajaran Qawaid.

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis untuk mengetahui cara penerapan Metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember. Setelah diketahui bahwa terjadi banyak perubahan hasil belajar santri pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika santri pada pembelajaran qawaid dengan menggunakan Metode Multi Level Learning (MLL) Serta faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember.
Fokus masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember Tahun 2022, 2) Bagaimana pelaksanaan metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember Tahun 2022, 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember Tahun 2022.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember Tahun 2022, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember Tahun 2022, 3) Mendeskripsikan evaluasi dari penerapan metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq Pancakarya, Ajung, Jember Tahun 2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan Langkah-langkah: 1) Kondensasi Data, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpulan. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi teknik, triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini, memberikan gambaran bahwa pembelajaran qawaid yang menggunakan metode Multi Level Learning (MLL) santri di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil belajar tersebut muncul dari berbagai tahapan pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti mengelompokkan ke dalam tiga tahapan yaitu proses perencanaan, proses pelaksanaan, proses evaluasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu ; 1) perencanaan dari metode Multi Level Learning (MLL) yang diterapkan pada materi pembelajaran fail terdapat komponen yaitu: tujuan , materi, strategi, media, yang dipakai dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran, 2) Pelaksanaan implementasi metode Multi Level Learning (MLL) pada pembelajaran qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq, Pancakarya, Ajung, Jember dilaksanakan dalam empat pertemuan pada satu materi qawaid, 3) Kegiatan evaluasi dalam implementasi metode Multi Level Learning (MLL) Pembelajaran Qawaid di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Faruq pada materi fa’il menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada kegiatan pembelajaran dan tes lisan pada pertemuan akhir materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahamad Muhaimin
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:17
Last Modified: 12 Dec 2022 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15766

Actions (login required)

View Item View Item