Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan kelas X MIA di SMA Plus Al-Hasan Jember

Latifah, Siti (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan kelas X MIA di SMA Plus Al-Hasan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Latifah_T20188109.pdf

Download (16MB)

Abstract

Siti Latifah, 2022 : Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X MIA di SMA Plus Al-Hasan Jember.
Kata Kunci : LKPD, Project Based Learning, Peserta Didik
Salah satu kemampuan atau keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik pada abad ke 21 ini adalah kemampuan berpikir kreatif. Fakta yang ditemukan di sekolah berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi di SMA Plus Al-Hasan Jember mengungkapkan bahwa hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIA masih tergolong rendah, sehingga menunjukkan peserta didik kurang dalam melakukan aktivitas pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kreatif. Selain itu bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran masih minim sehingga perlu untuk dikembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis Project Based Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan validitas produk hasil pengembangan berupa LKPD berbasis Project Based Learning untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi perubahan lingkungan kelas X MIA di SMA Plus Al-Hasan Jember. 2) Mendeskripsikan respon peserta didik terkait produk hasil pengembangan LKPD berbasis Project Based Learning untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi perubahan lingkungan kelas X MIA di SMA Plus Al-Hasan Jember. 3) Mendeskripsikan efektivitas produk hasil pengembangan berupa LKPD berbasis Project Based Learning untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi perubahan lingkungan kelas X MIA di SMA Plus Al-Hasan Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tiga tahapan yaitu : 1) Preliminary Research; 2) Prototyping Phase; 3) Assesment Phase. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni lembar pedoman wawancara, lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik dan lembar soal tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) LKPD berbasis Project Based Learning dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 97%, ahli media sebesar 88%, ahli bahasa sebesar 92,72% dan guru biologi sebesar 96%. 2) Hasil uji respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Project Based Learning didapatkan nilai persentase sebesar 89,27% untuk uji coba satu-satu, 91,74% untuk uji coba skala kecil dan 91,05% untuk uji coba lapangan dan masuk pada kategori “Sangat Menarik”. 3) Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample test dengan bantuan SPSS Statistic versi 24 diperoleh nilai sig sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan LKPD berbasis Project Based Learning. Sehingga LKPD berbasis Project Based Learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Siti Latifah
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:13
Last Modified: 12 Dec 2022 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15778

Actions (login required)

View Item View Item