Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMP Miftahul Ulum Rambipuji Tahun Ajaran 2022/2023

Masruroh, Nur Laili (2022) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMP Miftahul Ulum Rambipuji Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI- NUR LAILI MASRUROH WATERMAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Laili Masruroh, 2022: Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMP Miftahul Ulum Rambipuji Tahun Ajaran 2022-2023
Kata Kunci: Karakter Siswa, Pembiasaan Shalat Dhuha

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya perubahan besar yang sering terjadi sehingga bisa mengakibatkan manusia menjadi kehilangan arah sampai kehilangan jati dirinya sendiri. Pada zaman perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan yang sangat pesat saat ini, menuntut sumber manusia yang berkarakter, beriman dan bertaqwa. Pembentukan karakter tersebut yang dimulai dari lingkungan keluarga dan akan dilanjutkan oleh lembaga pendidikan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk melihat upaya yang dilakukan sekolah dalam membentuk atau mengembangkan karakter siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha berjamaah.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pembentukan karakter religius dan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha berjamaah di SMP Miftahul Ulum Rambipuji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pembentukan karakter relgius dan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha berjamaah di SMP Miftahul Ulum Rambipuji.

Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dalam buku sugiyono, yakni: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha berjamaah melatih siswa untuk terbiasa dengan kegiatan shalat yang bisa berdampak pada karakter religius siswa. Kegiatan shalat Dhuha juga dilakukan setiap hari yang akan membuat siswa menjadi tebiasa dalam melaksanakannya. Bukan hanya kegiatan shalat Dhuha, juga terdapat kegiatan Madin, dalam kegiatan Madin siswa mendapatkan pembelajaran mengenai agama yang lebih mendasar, seperti pembelajaran akhlak, fikih, bhs Arab dan lainnya yang dapat menunjang keberhasilan dari pembiasaan shalat Dhuha berjamaah. Dan indikator dari pembiasaan shalat Dhuha berjamaah ada tiga, yaitu: iman, islam, dan ihsan. 2) Pembentukan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha berjamaah juga bisa dikatakan efektif karena dalam kegiatan shalat Dhuha berjamaah tedapat hukuman bagi siswa yang datang terlambat untuk mengikuti kegiatan, juga disediakan absensi siswa agar dapat diketahui siswa yang tidak hadir mengkuti kegiatan shalat Dhuha berjamaah, hasil dari absensi akan diserahkan oleh penanggung jawab kegiatan shalat Dhuha berjamaah kepada guru PAI, dan bisa mempengaruhi nilai siswa. Indikator pembentukan karakter disipln siswa ada dua, yaitu: sikap dan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Laili Masruroh
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:32
Last Modified: 20 Dec 2022 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item