Analisis Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Kurikulum Darurat Efek Pandemi Covid-19 di Kelas X IPA MAN 2 Jember

Aliva, Fitria (2022) Analisis Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Kurikulum Darurat Efek Pandemi Covid-19 di Kelas X IPA MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aliva Fitria_T20188099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di dunia termasuk Indonesia berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan salah satunya adalah sektor pendidikan. Kondisi ini menuntut lembaga pendidikan untuk membuat kebijakan kurikulum darurat covid-19 untuk menjamin pendidikan tetap berjalan dengan baik dan efektif. MAN 2 Jember merupakan lembaga pendidikan setingkat sekolah menegah keatas berlandaskan keislaman yang ada di desa Gebang kecamatan Patrang kabupaten Jember dibawah naungan Kementrian Agama yang berhasil menerapkan kebiajakan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran Biologi di kelas X IPA MAN 2 Jember? 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas X IPA MAN 2 Jember? 3) bagaimana penilaian pembelajaran Biologi di kelas X IPA MAN 2 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Biologi di kelas X IPA MAN 2 Jember, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas X IPA MAN 2 Jember, 3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran Biologi di kelas X IPA MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, lokasi penelitiannya adalah MAN 2 Jember, penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa kebijakan kurikulum darurat covid-19 di MAN 2 Jember meliputi tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. 1) Pada tahap perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum darurat, guru menyusun program tahunan (prota), program semester (promes), silabus hasil musyawarah MGMP Biologi Jatim, dan RPP. Materi esensial telah di petakan oleh MGMP Biologi Jatim di dalam silabus. 2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum darurat, kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka terbatas dengan pemangkasan alokasi waktu pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan metode diskusi dan presentasi. 3) Pada tahap penilaian pembelajaran meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinilai melalui penugasan seperti soal-soal pilihan ganda dan esay, penilaian harian, Penilaian Akhir Semester (PAT), Penilaian Akhir Semester (PAS).

Kata kunci: proses pembelajaran, kurikulum darurat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Aliva Fitria
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:06
Last Modified: 12 Dec 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15780

Actions (login required)

View Item View Item