MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELEGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-MUTTAQIN BANJARSENGON PATRANG JEMBER

KHOIR, MIFTAHUL (2022) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELEGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-MUTTAQIN BANJARSENGON PATRANG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTAHUL KHOIR_T20183145.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Miftahul Khoir, 2022: Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Relegius Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al- Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember.

Kata Kunci: Manajemen Strategi Kepala Sekolah, Karakter Relegius.
Pendidikan merupakan sebuah upaya penanaman nilai-nilai kepada peserta didik dalam rangka membentuk watak dan kepribadiannya yang bisa mendorong peserta didik mewujudkan nilai-nilai tersebut kedalam perilaku dalam kehidupan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana formulasi Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Relegius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember? (2) Bagaimana Implementasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Relegius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember? (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Relegius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Formulasi Strategi kepala sekolah dalam meningkat karakter relegius siswa di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember. (2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Strategi kepala sekolah dalam meningkat karakter relegius siswa di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Strategi kepala sekolah dalam meningkat karakter relegius siswa di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripstif jenis penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Formulasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Relegius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember ini dimulai dari kepala sekolah di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember ada beberapa beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya penguatan visi dan misi, penguatan SDM dan integrasi melalui program rapat dan juga dengan analisis factor lingkungan dengan merencanakan suatu program yang dapat membantu meningkatkan karakter relegius siswa seperti menciptakan kegiatan-kegiatan sekolah yang bersifat relegius. 2) Implementasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Relegius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember dengan cara membiasakan kegiatan - kegiatan yang bersifat keagamaan. Dalam meningkatkan karakter relegius siswa di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember tedapat beberapa tahapan diantaranya Implementasi melalui pembiasaan, Implementasi melalui keteladanan dan Implementasi melalui sentuhan kalbu. 3) Evaluasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Relegius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember dengan cara melihat peningkatan karakter/tingkah laku siswa. Dan dengan melihat kekurangan beberapa program yang sudah dilaksanakan melalui adanya rapat harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Dengan ini kepala sekolah dapat mengetahui beberapa peningkatan karakter relegius siswa, sehingga untuk kedepannya dalam meningkatkan karakter relegius siswa dapat dilaksanakan dengan lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Khoir Tahul
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:34
Last Modified: 12 Dec 2022 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15814

Actions (login required)

View Item View Item