PEMBERDAYAAN EKONOMI ALUMNI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN MELALUI PROGRAM UNIT USAHA SWALAYAN TOKO BAGUS

Tamam, Badrut (2022) PEMBERDAYAAN EKONOMI ALUMNI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR PAMEKASAN MELALUI PROGRAM UNIT USAHA SWALAYAN TOKO BAGUS. Masters thesis, Universitas Negeri Islam Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BADRUT TAMAM_0839219034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tamam, Badrut. 2022. Pemberdayaan Ekonomi Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Melalui Program Unit Usaha Swalayan Toko Bagus. Tesis. Parogram Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri K.H. Ach Shiddiq Jember. Pembingbing I: Dr. H. Abdul Wadud Nafis, Lc., M.E.I dan Pembingbing II: Dr. Ahmadiono, M.E.I.
Pondok Pesantren merupakan salah satu bagian penting di Indonesia dengan tradisi yang dimiliki, Pondok Pesantren diharapkan mampu dan bisa berkontribusi dalam membangun dan memperdayakan masayarakat yang tentu di dalamnya ada para alumni-alumni Pesantren masing-masing, pada kondisi saat ini tidak sedikit Pesantren yang sudah mengambil peran dalam proses pemberdayaan masayarakat salah satunya Pondok Pesantren Banyuanyar Pameksan melalui progaram unit usaha swalayan toko bagus meskipun permulaan usaha ini mayoritas fokus terhadap pemberdayaan ekonomi alumni.
Fokus peneitian ini adalah: 1). Bagaimana Proses Pemberdayaan Ekonomi Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Melalui Toko Bagus? 2). Bagaimana Bentuk Pemberdayaan Ekonomi Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Melalui Toko Bagus? 3). Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Pengelola Toko Bagus Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar dalam Pemberdayaan Ekonomi Alumni?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatf. Penentuan informannya menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi nonpartisipan, wawancara dan dukumentasi. Data yang sedang didapatkan kemudian dilakukan analisa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayan ekonomi alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar melalui Swalayan Toko Bagus dengan cara melibatkan alumni untuk mengelola toko bagus serta mengajukan izin yang telah dikeluarkan oleh kemenkumham serta mensosialisasikan agar alumni ikut menanam saham serta mendirikan 12 cabang toko bagus yang tersebar diseluruh Kabupaten yang ada di Madura, tidak hanya itu sistem cabang yang dimiliki adalah semi otonom akan tetapi tetap dipantau oleh pusat seperti melalui RAT, dalam penentuan karyawan pengelola toko bagus lebih mengutamakan alumni agar pemberdayaan ekonomi alumni bisa dilakukan dan kualitas juga kuantitas di toko bagus bisa dikatakan cukup baik meskipun masih ada beberapa yang perlu dibenahi atau diperbaiki.
Instrumen pendukung yang dimiliki toko bagus seperti SDM, sarana, dan kontroling oleh pusat berjalan dengan baik dan sesuai dengan hasil RAT yang memang dilaksankan setia dua tahun sekali meski demikian toko bagus juga memiliki faktor penghambat seperti halnya kekrangan modal, minimnya pengatahuan pelayanan karyawan dan tempat atau lahan toko yang masih sewa harus dibenahi kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Tamam Badrut
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:48
Last Modified: 12 Dec 2022 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15816

Actions (login required)

View Item View Item