PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BALOK MTs. HAJI ILYAS PUGER

Siti Khofifatun Nisa, Khofif (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BALOK MTs. HAJI ILYAS PUGER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI KHOFIFATUN NISA_T20187104.pdf

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan dari hasil observasi diketahui bahwa di MTs Haji Ilyas
pendidik belum memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang ada di sekolah untuk
berinovasi mengembangkan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran di
MTs Haji Ilyas hanya terpusat pada pendidik dan hal tersebut membuat peserta
didik sukar memahami konsep-konsep matematika. Oleh karena itu peneliti
mengembangkan LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar
matematika peserta didik.
Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Untuk mengetahui kevalidan produk dari
penelitian pengembangan LKPD berbasis kontekstual dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar
matematika kelas VIII pada materi luas permukaan balok MTs. Haji Ilyas Puger,
2) untuk mengetahui kepraktisan produk dari penelitian pengembangan LKPD
berbasis kontekstual dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
make a match terhadap hasil belajar matematika kelas VIII pada materi luas
permukaan balok MTs. Haji Ilyas Puger, 3) untuk mengetahui keefektifan produk
dari penelitian pengembangan LKPD berbasis kontekstual dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar
matematika kelas VIII pada materi luas permukaan balok MTs. Haji Ilyas Puger.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan
(research and development) model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima
tahapan yaitu, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),
penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation).
Hasil dari penelitian ini secara singkat ditunjukkan sebagai berikut; 1)
LKPD yang dikembangkan sudah valid berdasarkan validasi ahli materi dan ahli
media dengan skor 90,74%, 2) LKPD yang dikembangkan sudah praktis
berdasarkan angket respon pendidik dengan skor 82% dan angket respon peserta
didik dengan skor 75,08%, dan 3) LKPD yang dikembangkan sudah efektif
berdasarkan uji soal post-test dengan skor 85% tuntas secara klasikal.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Kontekstual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Khofif Siti Khofifatun Nisa
Date Deposited: 14 Dec 2022 09:13
Last Modified: 14 Dec 2022 09:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item View Item