Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi Jember

Qomariah, Rifatul (2022) Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifatul Qomariyah_T20183115.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Rifatul Qomariyah, 2022 : Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi

Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Profesionalisme
Dalam pengembangan profesionalisme guru, kepala madrasah sebagai supervisor memiliki peran dan wewenang yang sangat besar guna mewujudkan guru yang kompeten serta mewujudkan efektivitas output sumberdaya yang menjamin kesinambungan pembangunan bangsa, lebih-lebih dipengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, fenomena tersebut mengharuskan perlunya penguasaan kompetensi kepemimpinan bagi seorang kepala madrasah.
Fokus dalam penelitian supervisi akademik kepala madrasah dalam megembangkan profesionalisme guru ini 1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi?, 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi ?, 3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi ?, 4) Bagaimana tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi ?.
Tujuan dalam penelitian supervisi akademik kepala madrasah dalam megembangkan profesionalisme guru ini 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi, 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi, 4) Untuk mendeskripsikan bagaimana tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah di MTs Fathur Rahman Sukorambi .
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Perencanaan supervisi akademik yakni dengan cara mengumpukan data melalui rapat, menetapkan pendekatan, teknik dan model, menetapkan jadwal serta memilih instrumen, kemudian disosialisasikan kepada guru melalui rapat. 2) Pelaksanaan supervisi dilakukan langsung di dalam kelas dengan cara mengamati cara guru mengajar dan kesesuaian bahan ajar dengan siswa, kemudian mendiskusikan hasil pengamatan dan memberikan solusi terhadap masalah yang ada. 3) Kegiatan evaluasi dilakukan secara terencana dan sistematis. Adapun rangkaian kegiatan evaluasi supervisi akademik adalah menilai program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan program pembelajaran. 4) Tindak lanjut dari hasil supervisi akademik dilakukan dengan cara mengkaji ulang catatan-catatan hasil supervisi, dan dilakukan pembinaan individu maupun kelompok. guru juga diikutkan kegiatan-kegiatan pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rifatul Qomariyah
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:20
Last Modified: 14 Dec 2022 04:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item