Analisis kesalahan siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah polya di SMP Negeri 01 Mayang Jember

Utami, Puspita Dwi (2022) Analisis kesalahan siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah polya di SMP Negeri 01 Mayang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUSPITA DWI UTAMI_T20187110.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelititan ini dilatar belakangi oleh kesalahan yang dialami siswa saat mengerjakan soal cerita matematika pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya serta faktor penyebab kesalahan yang dialami siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIII A yang memiliki kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah polya, 2) mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIII A yang memiliki kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah polya, 3) mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIII A yang memiliki kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah polya, 4) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah polya di SMP Negeri 1 Mayang.
Jenis penelititan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang dilakukan di kelas VIII A yang berjumlah tiga puluh tiga siswa yang diambil enam siswa dengan kriteria dua siswa kemampuan tinggi, dua siswa kemampuan sedang, dan dua siswa kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman, dan Saldana. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa yang memiliki kemampuan tinggi tidak melakukan kesalahan pada indikator tahapan pemecahan masalah Polya, 2) siswa yang memiliki kemampuan sedang melakukan kesalahan menyusun rencana, 3) siswa yang memiliki kemampuan rendah melakukan semua kesalahan pada indikator tahapan pemecahan masalah Polya, 4) faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal cerita, siswa sulit dalam membuat rencana dan menentukan rumus yang digunakan, siswa kesulitan menghitung akar, dan siswa tidak terbiasa memeriksa kembali atau mengkoreksi kembali terhadap hasil jawaban yang sudah dikerjakan.
Kata Kunci: Kesalahan siswa; Tahapan Pemecahan Masalah Polya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesalahan siswa; Tahapan Pemecahan Masalah Polya
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010404 Probability Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Puspita Dwi Utami
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:51
Last Modified: 26 Dec 2022 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15838

Actions (login required)

View Item View Item